Parmusi Gelar Cipta Puisi Qurani Berhadiah Total Rp25 Juta

0
177

Tangerang,fesbukbantennews.com (16/8/2016) – Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) akan memperingati Miilad ke-17 di Jakarta. Dalam rangkaian kegiatannya, Parmusi akan mengadakan Gelar Cipta Puisi Qurani berhadiah total Rp.25.000.000.

logo parmusi
logo parmusi

Penyair yang juga Ketua Departemen Seni dan Budaya Parmusi, Chavchay Syaifullah, menyatakan kegiatan ini diadakan untuk meramaikan Milad Parmusi ke-17 yang berarti sudah saatnya Parmusi mengepakan sayapnya ke tengah masyarakat luas.

“Puisi qurani adalah puisi yang ditulis berdasarkan kajian al-Quran, baik dari aspek kajian nilai, norma, sejarah, harapan, janji dan peringatan, maupun kisah-kisah kemanusiaan, kenabian, serta ketuhanan. Dengan kata lain, puisi qurani adalah puisi yang bersumber dari kitab suci al-Quran,” ujar Chavchay di Jakarta, Minggu (13/8/2016).

Chavchay berharap umat Islam di Indonesia bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, demi membumikan al-Quran dalam kehidupan umat Islam saat ini.

“Untuk membumikan al-Quran kita perlu membuka ruang-ruang kreatif, salah satunya lewat penciptaan puisi. Nanti kita akan melihat di dalam puisi qurani bagaimana sang penulis puisi tidak saja akan membaca ulang al-Quran, namun ia juga bergerak membuka horizon tafsir baru tentang al-Quran,” ujar penyair.

Bagi peserta yang ingin mengikuti Gelar Cipta Puisi Qurani ini bisa mengirimkannya ke  puisiparmusi@gmail.com. Puisi ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5.  Puisi diterima oleh panitia selambat-lambatnya pada tanggal 16 September 2016.  Selain itu, puisi yang masuk ke meja panitia akan dikurasi oleh beberapa kurator, dari penyair dan kritikus sastra.

“Dewan Kurator Gelar Cipta Puisi Qurani akan memilih 100 puisi terbaik untuk dibukukan. 100 peserta terpilih akan diumumkan di www.parmusinews.com, setelah keputusan Dewan Kurator Gelar Cipta Puisi Qurani,” imbuhnya.

Kepada masing-masing peserta yang puisinya dinyatakan terpilih akan diberikan satu eksemplar buku antologi puisi berjudul 100 Puisi Qurani, piagam penghargaan dari Parmusi, dan honorarium sebesar Rp.250.000. (parmusi/LLJ)