Nata Irawan Jadi Plt Gubernur Banten

0
192

Jakarta,fesbukbantennews.com (26/10/2016) – Teka-teki siapa yang akan menepati posisi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten akhirnya terjawab.

Peresmian Nata Irawan Jadi Plt Gubernur Banten di Jakarta,Rabu 26 Oktober 2016.
Peresmian Nata Irawan Jadi Plt Gubernur Banten di Jakarta,Rabu 26 Oktober 2016.

Kementrian Dalam Negeri Tjahjo Kumolo siang ini menggelar prosesi peresmian Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur dan Serah Terima Nota Pengantar Tugas untuk dua provinsi yaitu DKI Jakarta dan Banten bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Rabu (26/10).

Sekretaris Jendral Kemendagri Yusmandi menyebutkan, bahwa untuk Plt Gubernur Banten diisi oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri Nata Irawan menggantikan Rano Karno yang mengambil cuti kampanye Pilkada. Keputusan ini sesuai Surat Keputusan (SK) Kementrian Dalam Negeri NO 121.36-10013 Tahun 2016 tentang penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Banten yang di tandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. Untuk Plt Gubernur DKI Jakarta diisi oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Sumarsono.

“Plt Gubernur punya tugas khusus untuk menyukseskan penyelenggaran Pilgub Banten yang aman, damai, dan menjaga netralitas ASN Pemprov Banten. Lalu, menyusun dan menandatangani Peraturan Daerah APBD, dan penataan organisasi perangkat,” kata Yusmandi saat membacaka SK.

Menurut Yusmandi, Plt Gubernur Banten juga bisa mendandatangani APBD, melantik bahkan merubah jabatan baru. Namun, harus seizin tertulis menteri dalam negeri.

“Dengan masa akhir jabatan Gubernur Banten yang hanya sampai 11 Januari, maka Plt akan diangkat Presiden menjadi penjabat (Pj) Gubernur sampai terplih dan dilantiknya gubernur definitif,” katanya.

Peresmian Plt Gubernur Banten serta Serah Terima Nota Pengantar Tugas Pilkada Serentak 2017 dihadiri oleh Sekda Banten Ranta Suharta, Kapolda Banten Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, dan beberapa pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Banten. (hmsbtn/LLJ).