Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » MTsN 1 Kota Serang Rutin Gelar Kultum
Siswa MTsN 1 Kota Serang mendengarkan Kultum,Jumat (24/2/2016).(Jati Buchori)

MTsN 1 Kota Serang Rutin Gelar Kultum

Serang,fesbukbantennews.com (26/2/2017) – Kultum merupakan kependekan dari kuliah tujuh menit dimana kultum itu sendiri adalah sebuah penyampaian ajaran-ajaran keagamaan yang dibatasi oleh pendeknya waktu dengan menggunalan metode yang dapat disesuaikan dengan si penceramah.

Siswa MTsN 1 Kota Serang mendengarkan Kultum,Jumat (24/2/2016).(Jati Buchori)

 

Di MTsN 1 Kota Serang kultum tersebut sudah menjadi salah satu agenda rutin yang selalu dilaksanan setiap hari jumat pagi sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, kultum tersebut dilaksanakan di lapangan upacara, dimana petugas kultum berasal dari setiap kelas secara bergantian disetiap minggunya.

 

Dalam kegiatan kultum tersebut metode yang dipakai adalah ceramah bervariasi, artinya setiap kelas menyiapkan penceramahnya berbeda-beda yakni setiap penceramah menggunakan bahasa yang berbeda diantaranya bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, bahkan bahasa daerah yaitu bahasa sunda dan bahasa jawa serang.

 

Dalam penyampaian isi materi, setiap penceramah menyampaikannya dengan tema yang berbeda dengan konsep yang menarik supaya peserta dapat menikmati kultum tersebut dengan enjoy.

 

Kultum yang dilaksanakan di MTsN 1 Kota Serang ini selain menjadi salah satu program unggulan juga sebagai realisasi dari pengamalan sila pertama Pancasila dan sekaligus menjalankan amanah batang tubuh UUD 1945 pasal 29 ayat 1.

 

Hal tersebut dimaksud bahwa menanamkan ajaran-ajaran ketuhanan pada siswa/i sangatlah penting karena derasnya pengaruh globalisasi yang terus menggerus moral anak bangsa sehingga terjadi degradasi moral dan mental anak secara mendasar.(hati/LLJ)

Kiriman dulur FBn :Opan Ahmad Solihin, S.Pd

Copyright @2016 FBn