Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » MTQ ke XII Banten di Lebak Akan Diikuti 688 Peserta

MTQ ke XII Banten di Lebak Akan Diikuti 688 Peserta

Lebak,fesbukbantennews (13/3/2015) – Pelaksanaan MTQ ke XII tingkat Provinsi Banten di Kabupaten Lebak akan diikuti sebanyak 688 peserta yang mewakili delapan kabupaten/kota. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di delapan cabang lomba yang disediakan.

Persiapan MTQ Banten di Lebak.(foto:humas)

Persiapan MTQ Banten di Lebak.(foto:humas)

“Berdasarkan laporan pendaftaran peserta MTQ sistem online yang kami terima diwebsite www.lptqbanten.go.id, hingga batas akhir pendaftaran tanggal 10 Maret pukul 24.00 WIB. Masing-masing kabupaten/kota sudah menginput data calon peserta yang akan dilombakan yakni sebanyak 668 peserta, dari 8 Cabang dan 25 Golongan” kata Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Sybli Sarjaya saat expose persiapan dan pelaksanaan MTQ ke 12 di Aula Setda Kabupaten Lebak, Kamis, (12/3/2015).

Ia menjelaskan, waktu pelaksanaan MTQ ke-12 tingkat Provinsi Banten tahun 2015 yang dilaksanakan di Kabupaten Lebak digelar pada 17 sampai 21 Maret mendatang. Dengan melombakan delapan cabang diantaranya, cabang Tilawah, Cabang Hifdzil Qur’an,Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Khat Al-Qur’an, Cabang Syarh Al-Qur’an, Cabang Fahm Al-Qur’an, Cabang Qira’atul Kutub, dan Cabang Musabaqah Makalah Al Qur’an (MMQ). Selain itu, pada MTQ kali ini melibatkan sebanyak 172 dewan hakim yang sudah bersertifikasi.

”MTQ tahun ini kita ingin menonjolkan MTQ yang berkualitas, karena dari mulai pendaftaran kita gunakan sistem online, dan dewan hakimnya juga bersertifikat. Dengan harapan kita nantinya bisa menghasilkan qori dan qoriah terbaik. Karena nantinya para juara MTQ tingkat provinsi akan kita kirim ke ajang MTQ tingkat nasional,” kata Sybli.

Untuk tempat kegiatan, Mantan Rektor IAIN SMHB ini melanjutkan, ada 13 tempat yang sudah dipersiapkan, “Panggung utama MTQ ditempatkan di Stadion Pasir Ona Rangkasbitung, untuk tempat perlombaan kita gelar di masjid agung al-araf, sekolahan, dan gedung lainnya yang refresentatif,” jelasnya.

“Acara pembukaan tanggal 17 nanti akan digelar malam hari, sementara paginya akan digelar penatikan 172 dewan hakim, 6 orang diantaranya dewan hakim nasional, siangnya akan digelar pembukaan pameran MTQ dan pasar rakyat serta pawai ta’aruf,” tambahnya.

Sementara Sekda Banten Kurdi Matin menjelaskan, berdasarkan laporan panitia lokal, persiapan pelaksanaan MTQ ke XII di kabupaten lebak sudah cukup baik baik dari pendaftaran peserta, tempat perlombaan dan lainnya, ia berharap pelaksanaan MTQ dari waktu ke waktu semakin baik dan berkualitas.

“Momentum MTQ Banten tahun ini agar menjadi ruang silaturahmi antar masyarakat, pejabat dan kepala daerah, saya punya keyakinan bahwa kebersamaan yang dibangun menjadikan MTQ Banten lebih baik lagi dan mendapat hasil yang maksimal,” ucapnya.

Bupati Lebak Iti Oktaviani Jayabaya mengaku bangga wilayahnya dipilih menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Banten, meski dengan keterbatasan sarana dan prasarana ia akan mencoba menjadi tuan rumah yang baik.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemprov Banten yang telah memberikan kesempatan menjadi tuan rumah, kami akan mencoba mempersembahkan yang terbaik dengan segala keterbatas yang ada baik sarana dan prasarana lainnya,” jelasnya.

Ia berharap, pelaksanaan MTQ di lebak ini sebagai upaya menyiarkan agama islam dan mensolidkan persatuan dan kesatuan.(hms/matz/LLJ)

Copyright @2016 FBn