Meriah, Panjang Mulud di Lopang Gede Kota Serang

0
221

Serang,fesbukbantennews.com (27/12/2016) – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh warga Desa Lopang Gede, Kelurahan Lopang, Kecamatan/Kota Serang, Banten, berupa panjang mulud berlangsung meriah, Selasa (27/12/2016). Nampak ribuan warga memadai halaman Masjid Gede, Lopang Gede.

Ketua RW 01 Lopang Gede Kota Serang.(LLJ)
Ketua RW 01 Lopang Gede Kota Serang.(LLJ)

Ribuan warga nampak antusias menyaksikan ratusan panjang mulud yang ditata rapih oleh panitia. Tak kenal orang dewasa, pemuda, dan anak-anak pun tumpah ruah dalam pegelaran tradisi tahunan tersebut.

Warga berlomba-lomba memberikan Panjang Mulud untuk dibawa ke Masjid.

Berbagai macam bentuk hiasan pajang mulud kumpul di halaman masjid ini dan banyak sekali didominasi dengan bentuk-bentuk replika khas Timur Tengah.

Yang menarik dari Pajang Mulud ini adalah, adanya barang-barang rumah tangga yang dihiasi. Seperti springbed, kursi sofa, lemari pakaian, dan lain-lain.
Ketua RW 01 Lopang Gede A Ghojali mengatakan, acara panjang mulud tersebut sebagian dari rangkaian Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang rutin dilakukan setiap tahun oleh warga Lopang Gede.

“Tahun ini jumlah panjang sebanyak 225 panjang, meningkat dari tahun kemarin,” kata Ghojali.

Sebelum acara panjang mulud, lanjut dia, panitia sudah menggelar acara lainnya, ziarah ke makam sultan di Banten, Ceramah agama, dan khitanan massal.

“Untuk peserta. Khitanan massal pun meningkat pesertanya. Tahun kemarin sekitar 18 anak tidak mampu yan dikhitan, tahun ini sebanyak 25 anak,”jelas Ghojali.

Hari , ungkap dia, puluhan rumah warga disiapkan panitia untuk belasan kampung dan desa yang akan ngeropok berkat panjang mulud..