Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Menpar Apresiasi Kesiagaan Balawista Banten Hadapi Bencana Tsunami
Anggota Balawista Banten yang lolos pelatihan .

Menpar Apresiasi Kesiagaan Balawista Banten Hadapi Bencana Tsunami

Pandeglang, fesbukbantennews.com (12/2/2019) – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kesiagaan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista ) Banten saat menghadapi bencana Tsunami Selat Sunda Desember 2018 lalu.

Menpar Arief Yahya saat diwawancarai Wartawan .

Demikian dikatakan Menpar dalam sambutannya saat menutup pelatihan ratusan anggota Balawista Banten di Carita Pandeglang, Selasa (12/2/2019).

“Kami bangga dengan kesiagaan Balawista ,terdepan dalam melakukan pertolongan pada korban tsunami lalu. Dan Selama saya jadi Menteri akan sering datang ke sini untuk memberikan pelatihan pelatihan,” kata Menpar.

Menpar juga mengatakan, bahwa bukan saja membantu memulihkan fisik para korban Tsunami, melainkan juga sangat penting memulihkan jiwanya.

“Secara fisik bisa saja sehat, namun belum tentu dengan jwanya. Oleh karena itu sangat penting melakukan trauma healing,” jelas Menpar.

Ia juga mengungkapkan, bahwa pihaknya akan melakukan setifikasi lifeguard secara Nasional . ” untuk Banten sendiri kuotanya 200 anggota dari 2000 lifeguard Nasional,” katanya.

Anggota Balawista Banten yang lolos pelatihan .

Ketua Umum Balawista Banten Ade Ervin dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada menpar yang memberikan sarana pelatihan kepada para anggota lifeguard Balawista .

“Kami sangat berterima kasih kepada kemenpar. Dan kami siap dengan rencana sertifikasi yang akan dilakukan pemerintah pusat,” ujar Ervin.

Ervin juga menjelaskan , pihaknya memberikan pelatihan terhadap ratusan Anggota Balawista Banten. Dimana mereka merupakan peserta yang terdaftar dari tiga tahap seleksi oleh Balawista provinsi Banten.

“Tahap pertama yang daftar ada 60 dan yang lulus sebanyak 50. Kemudian tahapan kedua itu ada 115 orang dan yang lulus sebanyak 50 dan untuk tahap 3 ada sekitar 61 orang dan yang lulus 50 orang,” kata Ervin.

Menurutnya pelatihan Balawista ini merupakan bagian peningkatan kapasitas usaha masyarakat.

“Harapannya anggota Balawista mampu menjadi garda terdepan dalam mengamankan lokasi wisata air di manapun bertugas,” jelas Ervin.

Sedangkan untuk mengisi materi pelatihan, lanjut Ervin , pihaknya menghadirkan Balawista dari provinsi Jawa Barat dan Banten. (LLJ).

Copyright @2018 FBn