Menguak Manfaat Mengejutkan Berjalan Tanpa Alas Kaki

0
158

Serang,fesbukbantennews.com (12/6/2017) – Berjalan kaki sudah banyak diketahui memberikan banyak manfaat. Tapi ditambah dengan melepas alas kaki, manfaatnya akan lebih banyak lagi.

Ilustrasi.(google)

Berjalan tanpa alas kaki, atau disebut dengan ‘membumi’, memiliki sejumlah manfaat yang belum banyak diketahui orang. Dan praktik ini pun sudah terbukti secara ilmiah.

 

Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat dari berjalan tanpa alas kaki seperti dilansir Times of India :

 

1). Memperbaiki masalah tidur

 

Berjalan tanpa alas kaki akan memberikan relaksasi dan mengurangi ketegangan. Saat kita berjalan tanpa alas kaki, tubuh kita akan melepaskan ion positif dan membuat ion negatif masuk ke dalam tubuh. Ion negatif diketahui sebagai anti depresan alami dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

 

2). Menajamkan pikiran

 

Tubuh kita 70 persen terdiri dari air dan semakin banyak kita ‘membumi’, semakin baik fungsi tubuh kita. Berjalan tanpa alas kaki akan menciptakan keseimbangan ion yang secara langsung mempengaruhi perasaan sehat, menajamkan pikiran dan membuat kestabilan mental.

 

3). Memperbaiki postur tubuh

 

Penggunaan sepatu dapat melemahkan permukaan kaki dan mengurangi fleksibilitas serta kekuatannya. Sepatu juga dapat mempengaruhi postur tubuh kita karena sepatu menghalangi fungsi alamiah dari kaki. Kaki yang lemah artinya postur tubuh yang buruk dan postur tubuh yang buruk mengakibatkan ketidaknormalan bentuk tubuh lainnya. Misalnya, sakit leher, nyeri punggung dan lutut. Dengan berjalan tanpa alas kaki, kita bisa memperkuat kaki, mata kaki, dan jari kaki.

 

3). Memperkuat panca indera

 

Pengalaman alamiah akan membuat indera kita lebih kuat. Hal ini sering tidak disadari karena kita sering menggunakan alas kaki. Beberpa titik tertentu di kaki kita ketika menyentuh tanah, bisa menstimulasi indera. Selain itu, saat berjalan tanpa alas kaki, kita menjadi lebih waspada dan sadar untuk memperhatikan jalan kita. Hal ini membuat pikiran kita tersadar dan meningkatkan panca indera kita.

 

4). Meningkatkan sirkulasi darah

 

Hal ini sejalan dengan prinsip gravitasi. Gravitasi menarik segala sesuatu, dan darah kita mulai bersirkulasi cukup baik di telapak kaki. Proses berjalan kaki bekerja sebagai efek penangkal, yang meningkatkan seluruh sirkulasi darah di dalam tubuh.

 

5). Mencegah penyakit jantung

 

Semakin baik sirkulasi darah, semakin kecil kemungkinan darah akan tersumbat dan timbul penyakit pembuluh darah koroner. Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan sel darah merah dan mencegah darah mengental.

 

6).Menguatkan otot dan tulang

 

Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan kembalinya vena (aliran darah kembali ke jantung) dan membuat tulang serta otot menjadi lebih kuat. Berjalan tanpa alas kaki di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan kalsium tulang, tapi pastikan Anda berjalan di pagi hari atau di sore hari saat sinar matahari tidak berbahaya.

 

7). Menguatkan sistem imun

 

Telapak kaki kita merupakan tempat berbagai reseptor indera dan ujung saraf yang mengirimkan getaran positif ke tubuh. Hal ini akan menyiapkan tubuh untuk melawan penyakit dan karenanya dapat meningkatkan imunitas kita.

 

8). Meningkatkan pandangan

 

Seringkali dokter mata akan merekomendasikan pasiennya untuk berjalan tanpa alas kaki di rumput, di pagi hari. Jalan kaki ini akan mengaktivasikan berbagai titik tekanan di kaki, yang dapat meningkatkan pandangan mata.

 

 

 

Dikutip dari : viva.co.id (Rdn/LLJ)