Masyarakat Adat Cisungsang Selenggarakan Prosesi Seren Taun

0
193

Lebak,fesbukbantennews.com (27/8/2016) – Masyarakat adat Cisungsang selenggarakan prosesi Seren Taun, acara yang berlangsung sejak tanggal 22-28 Agustus 2016 ini akan dihadiri Gubernur Banten Rano Karno pada puncak acara Seren Taun, Minggu (28/8/2016).

Seren Taun Cisungsang 2016.(mang ripin)
Seren Taun Cisungsang 2016.(mang ripin)

” Yah,pak Gubernur akan hadiri acara ini. Bahkan beliau akan menginapmalam ini di Cisungsang, ” kata Opar Sohari, Kadisbudpar Provinsi Banten . Yang telah hadir sejak Jum’at (26/8/2016) kemarin.

Prosesi adat Seren Taun yang akan berakhir besok dengan acara puncak ang aksn dihadiri Gubernur ini merupakan prosesi adat pesta syukuran masyarakat adat Banten Kidul Kasepuhan Cisungsang yang telah berlangsung sejak lama untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen sawah mereka.

Dalam rangka menghibur masyarakat umum yang hadir, panitia menghadirkan hiburan tambahan berupa hiburan modern dan tradisional bagi warga yang hadir.misalnya Band, dangdut danJaipong.

Masyaraksat adat Cisungsang merupakan masyarakat adat Banten kidul yang masih melaksanakan acara Seren Taun setiap selesai panen sebagai wujud syukur atas Yang Maha Kuasa dengan tetap menghargai padi sebagai hasil pertanian yang mereka konsumsi setiap hari.(mang ripin/LLJ).