Mardi Manfaatkan Lahan Tidur di Kota Serang untuk Berkebun Cabai

0
148

Serang,fesbukbantennews.com (9/5/2016) – Mardi ( 28 tahun) warga sekitar Blok Perumnas Ciracas, Kota Serang, merasa prihatin melihat banyaknya lahan tidur yang tak produktif milik warga sekitar. Keprihatinan itu memacu semangat berkebun Mardi yang sejak kecil terbiasa bercocok tanam tapi tak memiliki tanah yang cukup untuk menyalurkan kebiasaannya, untuk itu dia memberanikan diri meminjam lahan tidur yang berada disekitar perumahan tersebut.

Mardi sedang memanen sebagian pohon cabainya di lahan tidur, Ciracas,kota Serang.
Mardi sedang memanen sebagian pohon cabainya di lahan tidur, Ciracas,kota Serang.

Lahan seluas satu hektar yang semula ditumbuhi rimbunan semak belukar kemudian dipangkas dan dibersihkan kemudian ditanami sebanyak 12 ribu batang cabai. Hingga memasuki bulan keempat, Mardi sudah mulai merasakan hasilnya dengan memanen untuk tahap pertama.

Menggunakan pupuk Kompos yang tak merusak unsur hara tanah, Mardi mengolah pupuk tersebut dari bahan-bahan yang ada disekitar kebunnya, dengan bermodal Rp.2000,- per batang yang mampu berbuah setengah hingga satu kilogram perpohon, Mardi menjual hingga Rp.10ribu per kilogram cabai yang ditanamnya.

“ Lumayan Mang, saat ini mulai panen tahap pertama dan ditunggu oleh pembelinya” ucapnya dengan penuh semangat, ” kata Mardi, Minggu (8/5/2016) (mang ripin/LLJ).