Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » LPTK Banten Perkuat Inovasi Untuk Lanjutkan Praktik Baik Perkuliahan dan Kemitraan Sekolah
Rektor IAIN SMH Banten membuka secara resmi pertemuan mitra LPTK tingkat provinsi.

LPTK Banten Perkuat Inovasi Untuk Lanjutkan Praktik Baik Perkuliahan dan Kemitraan Sekolah

Serang,fesbukbantennews.com (30/1/2017) – “Hampir lima ratus dosen sudah dilatih USAID PRIORITAS di Banten. Ini membuktikan sudah banyak dosen terlatih melakukan praktik baik di perkuliahan sehingga ke depan program ini perlu dilanjutkan dengan inovasi-inovasi terbaru,” kata Rektor IAIN SMH Banten, Prof Dr Fauzul Iman MA (30/1). Dia juga mengapresiasi USAID PRIORITAS yang sudah memfasilitasi kemitraan dengan LPTK selama kurun waktu lima tahun.

Rektor IAIN SMH Banten membuka secara resmi pertemuan mitra LPTK tingkat provinsi.

Memasuki tahun ke lima, USAID PRIORITAS Banten mengadakan pertemuan mitra LPTK tingkat provinsi pada hari Senin, 30 Januari 2017. Pertemuan ini mengundang seluruh fasilitator yang terdiri atas dosen IAIN SMH Banten dan UNTIRTA, LPTK Konsorsia, seluruh kepala sekolah, guru dan perwakilan komite sekolah dari 18 sekolah mitra. Tujuannya adalah berbagi pengalaman praktik baik di perkuliahan dan kemitraan sekolah – LPTK yang mendukung peningkatan mutu pendidikan di Banten. Hadir pada kesempatan tersebut juga para fasilitator LPTK, kepala sekolah mitra LPTK dan perwakilan konsorsia LPTK.

 

Lynne Hill, Teaching and Learning Advisor USAID PRIORITAS yang hadir mengatakan kerjasama USAID PRIORITAS dengan LPTK ini sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan dokumentasi praktik baik yang dikumpulkan dari para dosen, guru sekolah mitra LPTK dan calon guru yang menjadi mahasiswa LPTK. “Pada pertemuan ini kita juga akan mendengarkan testimoni dari para penulis buku praktik baik LPTK sehingga bisa menjadi bahan referensi dan inspirasi bapak-ibu semua,” kata Lynne Hill. Lynne juga berharap bahwa pertemuan ini  merupakan kesempatan yang baik untuk berbagi pengalaman dan berkolaborasi agar praktik baik bisa terus dilanjutkan.

 

Sebagai ajang berbagi pengalaman praktik yang baik, ditampilkan demonstrasi siswa dari sekolah mitra mengenai pembelajaran PAKEM di tingkat SD/MI yang dibawakan MIN 1 Kota Cilegon dan pembelajaran kontekstual di tingkat SMP/MTs yang disampaikan SMPN 3 Kota Serang. Selain itu, ada pula kolaborasi dosen dan guru pada penelitian tindakan kelas (PTK) yang berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis ilmiah siswa SMPN 6 Kota Serang melalui penerapan penilaian kinerja dengan pendampingan.

 

Untuk mendorong penguatan praktik baik tersebut, digelar sesi ‘Bedah Buku Penulis Praktik Baik di LPTK’ yang menghadirkan perwakilan para penulis.  Tokoh kunci dalam sesi itu adalah Warek I UNTIRTA, Dr H Fatah Sulaiman MT dan Kabid Penma Kemenag Provinsi Banten, Dr H Mahfuddin MSi yang memberikan tanggapan terhadap dokumentasi buku praktik baik tersebut.

 

Fatah Sulaiman berkata “Saya mengapresiasi USAID PRIORITAS yang sudah melatih dosen untuk melaksanakan praktik baik bahkan mendokumentasikannya melalui buku. Ternyata praktik yang sederhana saja bisa menjadi bahan pembelajaran bahkan karya ilmiah. Saya sarankan bapak-ibu membaca buku ini sebagai bahan rujukan inovasi praktik baik di masa mendatang.”

 

Pertemuan diakhiri dengan penyerahan piagam apresiasi kemitraan yang diberikan USAID PRIORITAS Banten kepada LPTK, Konsorsia LPTK, Fasilitator LPTK dan sekolah mitra LPTK.

 

Sejak 2012, USAID PRIORITAS telah bekerja bersama 7 pemerintah kabupaten di  Banten untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar, yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

 

Untuk meningkatkan kapasitas  dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi guru pra (mahasiswa calon guru) dan dalam jabatan, serta membantu kabupaten/kota dalam meningkatkan kualitas tata kelola dan manajemen pendidikan, USAID PRIORITAS Banten telah bekerjasama dengan 2 LPTK yakni UNTIRTA dan IAIN SMH Banten juga 4 LPTK Konsorsium yakni Universitas Banten Jaya, Universitas Mathl’aul Anwar, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.

 

Kerjasama ini telah memfasilitasi pelatihan kepada hampir 500 dosen dan 200 mahasiswa di Provinsi Banten untuk melaksanakan praktik baik di perkuliahan. USAID PRIORITAS BANTEN telah mengembangkan 18 sekolah mitra laboratorium dan mitra LPTK yang digunakan mahasiswa sebagai tempat praktik mengajar di sekolah yang menerapkan pembelajaran aktif dan manajemen berbasis sekolah. 18 sekolah mitra ini terdiri atas 12 SD/MI dan 6 SMP/MTs yang berada di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.(LLJ).

 

 

Pengirim:ana Rosita USAID Prioritas.

Copyright @2018 FBn