Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Lima Rumah Warga di Pandeglang Rusak Dihantam Puting Beliung

Lima Rumah Warga di Pandeglang Rusak Dihantam Puting Beliung

Serang,fesbukbantennews.com (22/11/2015) – Pandeglang – Sedikitnya lima (5) rumah warga di Kampung Sabrang Rt 17 RW 05, Desa Saketi, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang rusak akibat disapu angin puting beliung pada Sabtu, 21 November 2015 sekitar pukul 13.30 WIB. Kelima rumah warga itu yakni milik Damin, Asjudin, Narta, Johari, dan Jasmin.

Seorang warga Saketi sedang memperbaiki rumahnya yang terkena angin puting beliung.(rifa)

Seorang warga Saketi sedang memperbaiki rumahnya yang terkena angin puting beliung.(rifa)

Berdasarkan data yang dihimpun, dari lima rumah itu tiga diantaranya milik Damin, Asjudin, dan Narta yang mengalami kerusakan cukup parah, sebab pada bagian atap rumah habis disapu angin puting beliung tersebut, tetapi sebagian rumah yang lain hanya mengalami rusak sedang. Tampak kondisi dilokasi terlihat, para pemilik rumah sedang memperbaiki rumahnya masing-masing.

Salah seorang korban, Asjudin menuturkan, bahwa pada saat kejadian pihaknya bersama keluarga yang lain sedang berada didalam rumah. Sebab, ketika itu dikampungnya terjadi hujan serta angin kencang, akibatnya rumahnya serta permukiman sebagian warga yang lain hancur karena ditiup angin puting beliung tersebut.

“Awalnya hanya hujan biasa saja, tetapi setelah hujan itu reda, tiba-tiba ada angin kencang disini sehingga menyapu beberapa rumah warga disini,”kata Asjudin saat ditemui di kediamannya pada Minggu, 22 November 2015.

Sebut Asjudin adanya angin puting beliung tersebut, selain mengakibatkan kerusakan terhadap sebagian rumah warga, juga merobohkan beberapa pohon kayu yang ada dikampungnya itu. Bahkan tiang listrik yang menghubungkan saluran listrik kekampungnya itu juga roboh.

“Akibat bencana ini kerugian tentunya ada, karena beberapa bagian bangunan rumah rusak, terutama pada bagian atap. Apa lagi atap rumah saya semuanya habis disapu angin kencang ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Saketi, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Tobari Budiremi membenarkan, jika sebanyak lima rumah warganya yang terkena bencana angin puting beliung.

Akan tetapi, hal itu sudah dilaporkan baik kepada pihak Kecamatan Saketi maupun ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, namun jika untuk pengajuan bantuan kebencanaan bagi para korban saat ini masih sedang diproses pembuatan berkas pengajuan.
“Laporan sudah, namun sekarang sedang memproses berkas pengajuan. Mudah-mudahan dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang, melalui BPBD bisa segera menurunkan bantuan, karena para korban sangat membutuhkan bantuan itu,”ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya.

Tobari menambahkan, pada saat kejadian pihaknya bersama Camat Saketi, langsung terjun ke lokasi untuk memastikan kondisi rumah warga, akibat terkena bencana tersebut.

“Saya bersama pak Camat langsung meninjau kelokasi, sesuai pendataan yang dilakukan, rumah warga yang mengalami kerusakan itu ada sebanyak lima rumah,” tuturnya.(rifa/LLJ)

Copyright @2016 FBn