Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Laksanakan Perintah Jokowi, Rano Percepat Pendirian Bank Banten
Kantor PT BGD saat disegel KPK.(Dok:FBn)

Laksanakan Perintah Jokowi, Rano Percepat Pendirian Bank Banten

Serang,fesbukbantennews.com (23/4/2016) – Guna mempercepat akses keuangan daerah berdasarkan instruksi presiden Jokowi dan surat telegram Mendagri, Tjahyo Kumolo, Pemprov Banten diharapkan memiliki lembaga keuangan sendiri yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Kantor PT BGD saat disegel KPK.(Dok:FBn)

Kantor PT BGD saat disegel KPK.(Dok:FBn)

“Provinsi Banten untuk juga inline dengan percepatan ekonomi daerah, Banten sedang melakukan proses pendirian Bank Banten. Tidak ada yang melarang mendirikan bank sendiri, karena di daerah lain sebagian besar punya BPD,” kata Kepala Kantor Regional 1 OJK wilayah Jakarta-Banten, Bambang Widjanarko, usai mengadakan rapat tertutup dengan Rano Karno, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Jum’at (22/04/2016).

Guna melaksanakan instruksi Jokowi, Gubernur Banten Rano Karno pun berharap OJK dan pemerintah pusat untuk membantu percepatan pendirian Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten.

“Maka saya katakan ke OJK untuk mempercepat akses (keuangan daerah), kita harus punya bank. Akses ini kan yang dilakukan bank-bank umum disini, pemprov tidak punya (bank daerah),” kata Gubernur Banten, Rano Karno, ditempat yang sama, Jum’at (22/04/2016).

Pihaknya pun memastikan bahwa proses pendirian Bank Banten terus berlanjut sesuai arahan dari OJK dan KPK yang memastikan bahwa proses pendirian BPD Banten sesuai aturan yang berlaku.

“Semua mekanisme yang telah dilakukan BGD untuk pembentukan bank Banten itu semua berdasarkan konsultasi OJK, sebetulnya tinggal melanjutkan saja. Nyari bank ga bisa kita (Pemprov Banten) sendiri, OJK yang membantu,” tegasnya.

Sedangkan PT BGD selaku BUMD Banten yang ditunjuk oleh pemprov untuk mendirikan BPD Banten menyatakan siap kapan saja untuk melakukan tanda tangan pembelian sebuah bank.

“Sebagai pelaksana, besok saya anda tangan bank pun siap, kita sebagai BGD sudah selesai tahapannya, tinggal eksekutif dan legislatif. Yang penting dewan sepakat 100 persen dan bisa kompak dengan eksekutif,” kata Direktur PT BGD, Franklin Paul Nelwen, ditempat yang sama, Jum’at (22/04/2016).(dhyie/LLJ).

Copyright @2016 FBn