Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Lagi, Rombongan dari Afrika Selatan Silaturahmi ke Sultan Banten
RTB Bambang Wisanggeni bersama rombongan Dari afrika di Banten Lama.

Lagi, Rombongan dari Afrika Selatan Silaturahmi ke Sultan Banten

Serang,fesbukbantennews.com (15/12/2017) – Kunjungan tahunan, keturunan Syeikh Yusuf, Qadi Kesultanan Banten di masa Sultan Ageng tirtayasa yang berasal dari Cape Town Afrika Selatan ke Kesultanan Banten berlangsung Kamis (15/12/2017) di Komplek Masjid Agung Banten Lama, Kota Serang.

RTB Bambang Wisanggeni bersama rombongan Dari afrika di Banten Lama.

Para tamu yang ingin menapak tilas perjalanan Syeikh Yusuf yang dalam sejarahnya berasal dari Makasar ke Banten hingga ke Afsel berjumlah 37 orang, terdiri dari ulama, pengusaha dan pegawai yang berasal dari Cape Town Afsel.

Fatieq Bahardien, tokoh ulama asal Afsel menjelaskan bahwa Silturahim ini bertujuan untuk napak tilas perjuangan syeikh yusuf sekaligus reuni dengan para keturunan Syeikh Yusuf yang ada di Indonesia.

“Kami berkunjung ke Kesultanan Banten dalam rangka silaturahmi ke Sultan Syarief (RTB H. Bambang Wisanggeni) dan napak tilas perjuangan Syeikh Yusuf Al Magassari, selain ke Banten kami juga akan berkunjung ke Sulawesi, Jawa, dan Bali. Ziarah ke Banten ini sudah menjadi agenda tahunan karena Syeikh Yusuf yang mengislamkan Capetown adalah menantu sultan Ageng Tirtayasa,” jelas Fatieq.

Rombongan dari Afrika Selatan disambut oleh Sultan Syarief yang di dampingi Bunda Ratu dan para Ulama diantaranya Ust Arbani dan KH Fathul Adzim Chatib. Dalam ramah tamah yang berlangsung hingga sore ini, tercetus rencana untuk membentuk Serikat Islam (SI) di Afrika Selatan.

Rombongan dari Afrika Selatan menyambut baik rencana pembentukan SI di Afsel, dan akan mempersiapkan dengan maksimal untuk menyatukan para ulama demi menyongsong masa depan Islam Rahmatan lil ‘alamin.

Ust Hafidz Amrullah, juru bicara yang mewakili Kesultanan Banten menyambut baik kedatangan rombongan dari Afsel.

“Kami menyambut baik silaturahmi ini yang sudah dilaksanakan di setiap tahunnya, kunjungan ke Indonesia khususnya ke Banten menjadi menjadi penting sebagai bentuk hubungan silaturahmi antar para keturunan syeikh Yusuf, selain itu karena Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya yang luar biasa, tentu saja tidak bisa digali hanya dalam satu minggu di indonesia, Kesultanan Banten berencana akan melakukan kunjungan balasan ke Capetown,” pungkas Hafidz.

Di akhir pertemuan, rombongan dari Afsel memberikan Cindramata sebagai kenang-kenangan kepada sultan Syarief dan diakhiri dengan foto-foto bersama.(Heinz/LLJ).

Copyright @2018 FBn