Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Kunjungi Rumah Keluarga Pemulung Yang Ambruk, Sekda Apresiasi Baksos Relawan

Kunjungi Rumah Keluarga Pemulung Yang Ambruk, Sekda Apresiasi Baksos Relawan

Serang,fesbukbantennews (25/5/2015) – Warga melakukan gotong royong memperbaiki rumah Juned, seorang pemulung di Kampung Cipare Kidul, Desa Bendung, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, yang ambruk.

Sekda menimba air sumur di rumah Juned pemulung.(LLJ)

Sekda menimba air sumur di rumah Juned pemulung.(LLJ)

Rumah Juned sendiri ambruk sudah bertahun-tahun. Atas inisiatif relawan Fesbuk Banten News, bekerjasama dengan Baznas Provinsi Banten dan komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS), kembali membangun rumah Juned.

Selasa 25 Mei 2015, Sekda Pemprov Banten Kurdi Matin mendatangi lokasi. Terlihat beberapa relawan dan warga tengah melakukan pengerjaan rumah Juned.

Dijelaskan Sekda, apa yang dilakukan relawan layak mendapat apresiasi. “Ke depan, alokasi bantuan sosial yang tidak direncanakan harus lebih besar. Sekarang ada, tapi jumlahnya sangat kecil sehingga tidak bisa mengcover semua. Kita masih mengalokasikan dana besar untuk bansos dan hibah yang terencana. Pada APBD 2016 kita upayakan bansos tak terduga lebih diperbesar,” kata Sekda.

Bansos yang tidak direncanakan, kata Sekda, nantinya berguna untuk memberikan bantuan kepada kejadian kemanusiaan yang di luar prediksi. Seperti rumah ambruk, bencana, atau kemiskinan. “Jadi nanti pemerintah bisa membantu kalau relawan menemukan hal seperti ini lagi,” kata Sekda.

Relawan FBn mengapresiasi kunjungan Sekda tersebut. Menurutnya, ke depan Pemprov Banten harus proaktif melakukan kebijakan untuk menanggulangi kemiskinan.

Husen, dari komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS), menjelaskan, gotong royong warga dan relawan dilakukan secara swadaya. “Kami akan jadikan kampung ini sebagai percontohan. Karena di sini kami menemukan adanya warga yang masih miskin dan anak-anaknya tidak bisa baca tulis,” kata Husen.

Pada kesempatan tersebut,Sekda melakukan dialog dengan warga sekitar. Sekda juga memberikan bantuan kepada keluarga pemulung. (LLJ)

Copyright @2016 FBn