Komunitas Jelajah Gunung Bandung Gelar Milad ke-6

0
219

Bandung,fesbukbantennews.com (17/10/2016) – Komunitas Jelajah Gunung Bandung (JGB), adalah salah satu Komunitas di Bandung yang bergerak dan berkegiatan di gunung-gunung sekitar Bandung Raya. Dengan jargon ‘Sejarah’ , ‘Lanskap’ , ‘Budaya’, Ruang gerak JGB tidak hanya terbatas pada Gunung yang memiliki ketinggian yang menjulang.

Komunitas Jelajah Gunung Bandung.(m sefti)
Komunitas Jelajah Gunung Bandung.(m sefti)

Pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2016, JGB melaksanakan kegiatan di daerah Tebing Keraton-Bandung dengan Agenda ‘Milangkala JGB ke -6’. Vjay sebagai Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan bahwa agenda Milad JGB kali ini, selain syukuran Usia JGB yangbke-6, dan Sebagai Momen pergantian Ketua, dijadikan juga sebagai Agenda ‘Launching Program Ensiklopedi Gunung Bandung’.

“Ensiklopedi Gunung Bandung merupakan program jangka panjang yang pada pelaksanaannya mendata langsung setiap gunung Bandung dengan mengumpulkan informasi terkait sejarah, cerita masyarakat, mitos, serta hal lain yang berkaitan dengan Gunung yang didata” Ujar Vjay kepada red di sela-sela kegiatan berlangsung

Posisi Gunung-Gunung Bandung yang mencapai ratusan, menyimpan sejuta pesona di sisi informasi yang dimiliki oleh masyarakat kaki gunung dengan legenda, penamaan gunung, cerita rakyat dan mitos yang ada. “Seperti halnya dalam penamaan gunung. Contohnya Gunung Rakutak yang berada di Kecamatan Pacet-Kabupaten Bandung. Di sekitar Desa Sukarame, masyarakat menyebutnya dengan Gunung Rakutak, namun, di masyarakat sisi selatan atau Utara gunung Rakutak, orang menyebutnya dengan nama Gunung Rajet” lanjut Vjay yang baru saja menjabat sebagai ketua Komunitas Jelajah Gunung Bandung yang baru.

Di acara Ulang Tahun JGB yang dihadiri oleh 120 peserta lebih ini, juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan saling mengakrabkan dengan anggota yang lain.(LLJ)
Kiriman dulur FBn: M seftia