Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Komunitas Banten Babywearers; Mengenalkan Gendongan Aman dan Nyaman dengan Kain Tradisional
Komunitas Banten Babywearers.

Komunitas Banten Babywearers; Mengenalkan Gendongan Aman dan Nyaman dengan Kain Tradisional

Serang,fesbukbantennews.com (18/12/2017) – Menggendong, ibu mana yang tak mengenal kegiatan satu ini?
Sejak dari baru lahir hingga berusia balita menggendong buah hati menjadi kegiatan favorit setiap ibu. Dalam menggendong biasanya menggunakan alat bantu, yaitu gendongan.
Namun tidak semua gendongan aman dan nyaman bagi bayi. Salah memilih gendongan justru akan berakibat fatal untuk kesehatan tulang dan persendian sang buah hati.

Komunitas Banten Babywearers.

Bermula dari pertukaran informasi melalui group menggendong di facebook, kelima ibu muda yang bertempat tinggal di Serang, Cilegon dan sekitarnya pun semakin penasaran sehingga berkeinginan untuk bertemu langsung dan belajar menggendong bersama pada April 2017. Steffiani Risdelatifah, Mutiara Sejati, Hanum Hidayanti, Erna Cahya Tiwi, Mutia Aulia adalah kelima ibu muda asal Banten yang pertama merasakan manfaat menggendong.

Mereka ingin menyebarkan manfaat menggendong yang mereka rasakan, sehingga terbentuklah komunitas menggendong chapter Banten disebut Banten Babywearers. Banten Babywearers berada dibawah naungan Nusantara Menggendong. Banten Babywearers dibina langsung oleh Afifah Mu’minah, Certified Babywearing Consultant asal Serang.

Keberadaan Banten babywearers selain untuk mengenalkan gendongan yang aman dan nyaman juga ingin ikut berpartisipasi melestarikan gendongan dengan kain tradisional sebagai salah satu kearifan lokal.

Banten Babywearers memiliki visi menebar nilai-nilai positif dari manfaat menggendong serta memasyarakatkan cara menggendong yang baik, aman dan nyaman sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas hidup anak di Banten dan sekitarnya.

Menggendong aman dan nyaman perlu memperhatikan peraturan keselamatan menggendong yaitu, TICKS. TICKS kepanjangan dari; Tight- ketat, gendongan harus cukup ketat untuk memeluk bayi dalam dekapan penggendong.

Close enough to kiss- cukup dekat untuk dicium sebagai indikator posisi menggendong yang cukup tinggi, cukup dekat dan cukup ketat.

Keep chin off chest- jauhkan dagu dari dada agar pernapasan bayi lancar dan tidak terhambat.

Supported Back- punggung bayi ditopang dengan baik oleh gendongan dan sesuai dengan pertumbuhan tulang belakang.

Dalam setiap kegiatannya Banten Babywearers biasa berdiskusi tentang berbagai jenis gendongan via online dan offline. Kegiatan offline disebut “Kopdar” rutin dilaksanakan sebulan sekali, selain untuk menambah pengetahuan tentang dunia menggendong, para member Banten Babywearers juga saling bersilaturahmi dan bertukar pengalaman menggendongnya.

Hari ini (Minggu , 17 Desember 2017) Banten Babywearers melaksanakan kopdar di Cilegon dengan tema woven wrap (jenis gendongan kain tenun panjang). Dengan adanya Banten Babywearers diharapkan ilmu menggendong yang aman dan nyaman dapat diketahui masyarakat Banten dan sekitarnya.

Sehingga masyarakat akan semakin berpengetahuan mengenai ilmu menggendong agar semakin bijak dalam memilih gendongan dan juga semakin gemar menggendong anak sebagai bentuk kasih sayang dan membangun ikatan orang tua-anak.(LLJ)

Kiriman dulur FBn : Afifah Mu’minah, Certified Babywearing Consultant asal Serang.

Copyright @2016 FBn