Ketua PHDI Banten ; Upacara Melasti Jaga Keutuhan NKRI

0
290

Tangerang, fesbukbantennews.com (4/3/2019) – Jelang hari raya Nyepi, ribuan Umat Hindu se Banten menggelar upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (3/2/2019). Upacara melasti diikuti sekira ribuan umat hindu dari tujuh Pura yang berada di Banten.

upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (3/2/2019). Upacara melasti diikuti sekira ribuan umat hindu dari tujuh Pura yang berada di Banten.

Upacara Melasti merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan hari raya nyepi Tahun Caka 1941 sekaligus sebagi simbolisasi dari apa yang diajarkan dari hindu, melasti yang berartu mala dan asti, mala adalah adalah kekotoran dan asti menghanyutkan, jika disatukan yaitu upacara ritual menghanyutkan kekotoran dalam diri kita dan dibuang ke laut.

Selain membuang kekotoran kelaut, upacara melasti juga meminta doa supaya diberikan keselamatan dan kebaikan bahkan do’a juga ditujukkan untuk Negara yang akan melaksanakan Pemilu pada tanggal 17 April 2019 supaya berjalan lancar, aman dan damai.

Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja menghimbau kepada seluruh umat Hindu dalam menghadapi Pemilu 2019 diminta untuk  menjaga kedamaian umat.

“Menjelang Pilpres 2019 saya menghimbau kepada seluruh umat hindu harus menjaga tolerasi keutuhan umat kedamaian dan keamanan untuk mensukseskan pemilu dan memerangi narkoba, perang terhadap narkoba,” ujarnya.

Selain ikut mensukseskan Pemilu 2019, Ida Bagus juga meminta umat Hindu untuk tidak ikut membuat dan menyebarkan dan percaya terhadap berita bohong atau hoax yang kian hari kian mewabah.

” kepada seluruh Umat Hindu saya menghimbau untuk jangan mudah percaya dan menyebarkan berita bohong atau hoax, saya meminta umat Hindu selalu mengedepankan kebenaran, kesucian dan keharmonisan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Pembimas Hindu Banten, Sunarto berharap dengan prosesi upacara melasti kali ini sekaligus berbarengan dengan Pemilu 2019 seluruh Umat Hindu untuk tetap menjaga keutuhan NKRI.

” Melalui upacara Melasti saya berharap seluruh umat Hindu dan umat Agama Yang lainnya dapat lebih memperkokok keutuhan NKRI dan terus mengarah ke hal postiif dan jangan mudah percaya dengan berita hoax, karena isi berita tersebut yang benarpun bisa salah,”pungkasnya.(Aden/LLJ)