Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Keren, Karang Taruna Sukajadi Cibaliung Setahun Bedah 17 Rumah Kumuh Tanpa APBD
Salah satu kegiatan Karang Taruna Suka Jadi, Kecamatan Cibaliung, Pandeglang ,Banten.

Keren, Karang Taruna Sukajadi Cibaliung Setahun Bedah 17 Rumah Kumuh Tanpa APBD

Serang, fesbukbantennews.com (17/4/2018) – Bukan rencana, bukan mimpi apalagi khayalan, dalam setahun Karang Taruna (KT) Desa Suka Jadi, Kecamatan Cibaliung , Kabupaten Pandeglang, Banten, sudah 17 kali melakukan bedah rumah tidak layak huni warga yatim dan jompo dalam setahun. Dan dana untuk bedah rumah tersebut didapatkan dari patungan warga binaan Karang Taruna Suka Jadi, tanpa APBD.

Salah satu kegiatan Karang Taruna Suka Jadi, Kecamatan Cibaliung, Pandeglang ,Banten.

KT Suka Jadi akan terus melakukan bedah rumah milik warga tak mampu di Desanya. Dan diharapkan menjadi percontohan bagi Desa lainnya di Provinsi Banten.

Demikian terungkap dalam presentasi Karang Taruna Sukajadi di seleksi Karang Taruna Percontohan di tingkat Desa/Kelurahan di Provinsi Banten. Penyeleksian tersebut dilakukan oleh Tim Seleksi Karang Taruna Percontohan, di Aula Dinas Sosial Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa, (17/04/2018).

Ketua Karang Taruna Suka Jadi Alik Wahyudi usai mempresentasikan di depan Tim seleksi mengatakan, program bedah rumah tersebut sudah berjalan sejak 2016, sejak dibentuknya Karang Taruna Suka Jadi.

Keberhasilan membedah rumah milik yatim dan jompo tersebut, atas dasar kesadaran pemuda dan warga setempat tentang pentingnya saling Peduli.

“Ini keberhasilan semua, bukan hanya pengurus karang Taruna. Sebab ini hasil kerja kita semua,” ujar Alik.

Alik juga mengungkapkan, bahwa dana untuk membedah rumah didapatkan dari kegiatan – kegiatan Karang Taruna.Ada juga bekerjasama dengan perusahaan yang ada di sekitar.

“Misalnya ada kegiatan festival ,kompetisi olahraga, atau event bazar, setengah keuntungan dialokasikan untuk kegiatan sosial seperti bedah rumah ini, ” jelas Alik.

Di tempat yang sama, Kades Suka Jadi, Enjang Apandi menerangkan, keberhasilan karang taruna Suka Jadi sangat mengharukan. Ditengah menipisnya rasa kepedulian masyarakat, masih ada kelompoo pemuda Yang bergerak membantu Warga yang kurang mampu.

Kades juga menegaskan, tidak ada intervensi atau perintah kepada para ketua RT di desanya untuk membantu bedah rumah.

“Itu berjalan apa adanya, para ketua RT menyadari akan pentingnya membantu sesama,” tegasnya.

H Asep Mulya Hidayat, pengurus Karang Taruna Provinsi Banten, sesaat mendengarkan presentasi Karang Taruna Suka Jadi mengaku dirinya sangat senang dengan kegiatan Karang Taruna Suka Jadi tersebut.

“Keren, saya sangat mengapresiasi program bedah rumah tersebut. Semoga menjadi contoh bagi karang Taruna lainnya,” ujar Asep.

Untuk diketahui, selain program bedah rumah, ternyata kegiatan Karang Taruna Suka Jadi banyak. Ada pengelolaan usaha produktip, wisata, pelatihan dan Event Organizer.(LLJ).

Copyright @2016 FBn