Kemenag : Bukan Negara Beragama Tidak Berarti Sekuler

0
345

Serang,fesbukbantennews.com (4/1/2016) – Eksistensi Kementerian Agama (Kemenag) diharapkan dapat terus menjamin kehidupan beragama dan kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agamanya dan untuk beribadat sesuai keyakinan yang dianutnya. Demikian sambutan Mentri Agama RI Lukman Hakim, yang dibacakan Sekda Banten Ranta Suharta pada Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke 70 Kementerian Agama tingkat Provinsi Banten, di Halaman Masjid Al-Bantani KP3B, Minggu (3/1/2016).

Sekda Banten Ranta Suharta (kanan).(foto humas Setda pemprov Banten)
Sekda Banten Ranta Suharta (kanan).(foto humas Setda pemprov Banten)

“Negara Kesatuan Republik Indonesia sekalipun bukan negara beragama, namun bukanlah negara sekuler yang memisahkan agama dari kehidupan bernegara.” Ujar Menag dalam sambutannya.

Menurutnya, Negara melalui Kementrian Agama memfasilitasi pelayanan agama bagi setiap warga negara secara adil dan proporsional seperti pencatatan nikah, talak dan rujuk, hingga pelayanan haji serta pembinaan kerukunan antar umat beragama.

“Seiring dengan itu, saya mengajak kita semua, mari mewujudkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu, Integritas, Profesionalitas, Inovatif, Tanggung jawab dan Keteladanan. Setiap pejabat dan birokrat hakikatnya adalah pamong, khadim dan pelayan masyarakat, bukan pangreh dan priyai dalam struktur budaya kolonial feudal.” Ujarnya.

Diakhir sambutannya yang dibacakan Sekda, Menteri Agama juga berpesan kepada seluruh keluarga besar Kementerian Agama ajgar terus memupuk idelisme dan semangat kerja, mengasah modal intelektual, kepekaan sosial, memperkokoh persaudaraan dan penghayatan spirit ikhlas beramal sebagai landasan keluhuran kerja.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan beberapa penghargaan kepada mitra Kementerian Agama se Provinsi Banten atas segala dukungan dan kerjasamanya menyukseskan program pembangunan bidang agama.(hmsbtn/LLJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here