Kelompok Tani di Lebak Manfaatkan Tenaga Surya untuk Pompa Air

0
184

Lebak,fesbukbantennews.com (14/11/2016) – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memberikan apresiasi kepada kelompok tani Desa Padasuka , Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak yang memanfaatkan teknologi tenaga surya untuk pompa air.

Tenaga surya untuk pompa air di warunggunung Lebak.(foto:ekek)
Tenaga surya untuk pompa air di warunggunung Lebak.(foto:ekek)

Apresiasi tersebut diberikan bupati saat meninjau langsung lokasi pemanfaatan teknologi energi sinar surya Senin, 14 november 2016.
Iti mengapresiasi pemanfaatan teknologi ini dan mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama memelihara pompa air tenaga surya ini sebaik mungkin karena ini untuk kesejahteraan masyarakat.
“meskipun teknologi dan peralatan pompa untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, ketersediaan tenaga pompa sering menjadi kendala, misalnya karena ketiadaan jaringan listrik PLN atau pada daerah yang sudah mampu menyediakan generator set (genset) bisa saja sulit mendapatkan suplai BBM, atau bahkan karena daya beli masyarakat yang rendah untuk mengadakan BBM atau membayar listrik,” jelas Iti.
Kepala Dinas Pertanian Lebak, Dede menambahkan, pompa air teknologi tenaga surya ini sudah terpasang di kecamatan Malingping dan kecamatan Warunggunung.

“saya berharap pompa air ini bisa menjadi contoh bagi kelompok tani yang lain agar para petani tidak khawatir menghadapi kemarau panjang” ungkapnya.
Teknologi pemanfaatan energi sinar matahari sebenarnya bukan teknologi yang baru, akan tetapi untuk bebrapa kalangan teknologi ini masih dianggap langka dan mahal, dikalangan praktisi yang bergelut dibidang pemanfaatan sumber energi, teknologi ini biasanya disebut sebagai teknologi energi terbarukan.

Sistem Pompa Air Tenaga Surya dibuat dengan sistem operasional otomatis, jadi tidak memerlukan operator khusus untuk mengoperasikan pompa ini.
Pemeliharaan sistem berkala hanya dilakukan terhadap kebersihan permukaan panel surya dan jaringan pipa transmisi dan jaringan pipa distribusi. (hmslebak/bknADV/LLJ)