Kapal Rombongan Peneliti IPB Tenggelam di Perairan Banten, 2 Meninggal

0
253

Lebak, fesbukbantennews.com (20/7/2018) – Peristiwa kecelakaan laut terjadi di wilayah perairan Banten, Kamis (19/7/2018).Perahu KM Barokah yang yang mengangkut sebanyak 20 orang rombongan peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) yang hendak melakukan penelitian di pulau Tinjil mengalami kecelakaan laut di perairan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang,Banten.

Petugas gabungan sedang melakukan pemyelamatan korban kapal tenggelam di perairan Cikeusik.

Kepala SAR Banten Zaenal Arifin, saat dihubungi , Kamis (19/7/2018), mengatakan pihaknya bergerak cepat untuk melakukan penyelamatan evakuasi kecelakaan laut sehingga tidak menimbulkan banyak korban.

Saat ini jumlah penumpang KM Perahu Barokah sebanyak 24 orang, yaitu 20 orang rombongan IPB, 2 kru kapal dan 2 koki.

Namun, 2 koki yang dibawa rombongan IPB dilaporkan meninggal dunia atas nama Atiah (50) dan Emah (55) warga Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak.

“Kami bekerja sama dengan Ditpolair Banten, nelayan, BPBD untuk menyelamatkan korban kecelakaan laut itu,” katanya Kamis (19/7/2018).

Menurut Zaenal, rombongan IPB itu di antaranya terdapat warga asing yang akan melakukan penelitian primata di Pulau Tinjil, Kabupaten Pandeglang.
Namun, gelombang tinggi mencapai empat meter menghantam perahu KM Barokah hingga terbalik.

“Beruntung, tindakan penyelamatan begitu cepat meskipun dua orang meninggal dunia,” lanjut Zaenal.

Kasatpolair Polres Pandeglang Ajun Komisaris Trisno Riyanto mengatakan akibat kecelakaan laut itu dilaporkan dua orang meninggal dunia dan 22 orang selamat.

“Kedua warga yang meninggal dunia itu sudah diambil oleh keluarganya,” katanya.(ant/LLJ)