Kalahkan Crotone, Juventus Juara Liga Italia Serie A 2016/2017

0
159

Serang,fesbukbantennews.com (21/5/2017) – Juventus akhirnya berhasil mengunci scudetto.Bianconeri dipastikan menjadi juara Liga Italia musim 2016/2017 setelah melibas Crotone dengan skor 3-0 di giornata 37.

Juventus .(google)

 

Menjamu Crotone di Juventus Stadium, Minggu (21/5/2017), Juventus turun dengan kekuatan terbaiknya. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu menguasai jalannya laga dari awal hingga akhir.

 

Mario Mandzukic mengawali kemenangan Juve lewat golnya pada menit ke-13. Paulo Dybala kemudian menggandakan keunggulan tim tuan rumah melalui tendangan bebasnya pada menit ke-39. Pada paruh kedua, Juventus hanya bisa mencetak satu gol tambahan melalui Alex Sandro pada menit ke-83.

 

Kemenangan ini sudah cukup untuk mengamankan Juventus di posisi teratas klasemen Serie A hingga akhir musim. Mereka kini mengumpulkan 88 poin dari 37 laga, unggul empat poin atas AS Roma yang berada di posisi kedua. Dengan satu laga tersisa, Juventus dipastikan menjadi juara.

 

Bagi Juventus, ini adalah scudetto ke-33 atau yang keenam secara beruntun. Mereka menjadi tim pertama dalam sejarah yang bisa meraih enam scudetto secara beruntun.

 

Jalannya Pertandingan

 

Tampil menekan sejak kick-off, Juventus memperoleh kesempatan untuk unggul pada menit kedelapan. Namun, tendangan bebas Miralem Pjanic tak menemui sasaran.

 

Juventus benar-benar unggul lima menit kemudian melalui gol Mandzukic. Memanfaatkan umpan silang Juan Cuadrado dari sisi kanan, Mandzukic yang berada di tiang jauh menyontek si kulit bundar untuk membawa tim tuan rumah memimpin 1-0.

 

Juventus baru bisa menambah keunggulannya saat pertandingan berusia 39 menit. Pelanggaran terhadap Cuadrado di luar kotak penalti berbuah tendangan bebas untuk Juve. Dybala yang menjadi eksekutor tendangan bebas tersebut berhasil mengirimkan bola melewati pagar hidup pemain Crotone dan membuat kiper Alex Cordaz hanya terdiam.

 

Tak ada gol lainnya di sisa babak pertama. Juventus masih unggul 2-0 saat turun minum.

 

Juventus berpeluang mencetak gol ketiga pada awal babak kedua. Namun, tembakan Cuadrado dari sudut sempit bisa diantisipasi oleh Cordaz.

 

Dalam sebuah serangan balik pada menit ke-56, Dybala langsung berhadapan dengan Cordaz dan menjebol gawang Crotone. Namun, gol ini tak disahkan oleh wasit lantaran Dybala lebih dulu terperangkap jebakan offside.

 

Peluang yang didapatkan Pjanic pada menit ke-75 tak berbuah gol untuk Juve. Tembakannya dari dalam kotak penalti masih melenceng dari sasaran.

 

Crotone bukannya tak memiliki peluang. Pada menit ke-79, mereka membahayakan gawang Gianluigi Buffon melalui tembakan jarak jauh Andrea Barberis. Beruntung buat Juve, bola tembakan Barberis masih sedikit melebar.

 

Tujuh menit menjelang berakhirnya waktu normal, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 3-0. Sundulan Alex Sandro meneruskan sepak pojok Dybala mengenai mistar dan kemudian memantul ke tanah. Dengan bantuan teknologi garis gawang, wasit menyatakan bahwa telah terjadi gol.

 

Di injury time, Mandzukic nyaris mencetak gol melalui tendangan spekulasi dari jarak jauh. Namun, tembakannya ditepis oleh Cordaz.

 

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Benatia, Alex Sandro; Marchisio (Lemina 74′), Pjanic (Rincon 84′); Cuadrado (Barzagli 70′), Dybala, Mandzukic; Higuain

 

Crotone: Cordaz; Rosi (Sampirisi 35′), Ceccherini, Ferrari, Martella; Rohden (Acosty 78′), Crisetig, Barberis, Nalini; Tonev (Nwankwo 57′), Falcinelli.(sumber:detik.com/LLJ).