Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Banten Ikuti Upacara Melasti di Pantai Salira Merak

Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Banten Ikuti Upacara Melasti di Pantai Salira Merak

Cilegon,fesbukbantennews (15/3/2015) – Jelang perayaan nyepi dan tahun baru caka 1937, ribuan umat hindu di Provinsi Banten melakukan upacara Melasti atau mencusikan diri pantai Salira, Kota Cilegon, Banten, Minggu (15/3/2015).

Upacara Melasti di pantai Salira Merak Cilegon.(zan)

Upacara Melasti di pantai Salira Merak Cilegon.(zan)

“upacara Melasti itu pensucian peralatan upacara dan pensucian diri,” kata ketua panitia, Ida Bagus Made Ariadi, saat ditemui di lokasi acara, Minggu (15/3).

Sekitar 2000 umat Hindu yang ada di tanah jawara tumpah ruah di pantai Salira yang berlokasi dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya ini.

Setidaknya, terdapat tujuh banjar yang mengikuti upacara melasti ini. Tak hanya mensucikan diri, dengan perahu yang telah disiapkan, umat Hindu Banten pun mengambil air suci ke tengah laut Samudra Hindia ini.

“pengambilan tirtha (air suci) ke tengah laut dan bersamaan dilakukan upacara sedekah laut atau mulang pakelem. Memohon kepada tuhan yang maha esa, agar senantiasa memberikan keselamatan dan kerukunan, keserasian antar alam semesta dengan mahluk hidup di dunia,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa, Provinsi Banten terbagi atas tujuh banjar, yaitu Banjar ciledug, banjar Tangerang, banjar serang, banjar tangsel, banjar rempoa, banjar tigaraksa, dan banjar sidha karya.

Selain itu, guna memeriahkan acara adat umat Hindu dalam menyambut hari raya nyepi di tahun baru caka 1937 ini pun dilakukan bakti sosial dan pengobatan gratis yang berlokasi di Pura Dharma Sidhi, Ciledug, Kota Tangerang.(dhyie/LLJ).

Copyright @2016 FBn