Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Jelang Mudik, Banyak Bus Tak Miliki Alat Keselamatan

Jelang Mudik, Banyak Bus Tak Miliki Alat Keselamatan

Cilegon,fesbukbantennews.com (5/7/2015) – Dua minggu jelang arus mudik lebaran 2015, Kemenhub menemukan sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon, yang akan digunakan pemudik tak memenuhi peralatan keselamatan dan melanggar trayek.

Ilustrasi.(net)

Ilustrasi.(net)

“Hampir semua bus tidak melengkapi kotak P3K. Ada juga tempat duduk tambahan. Padahal itu dilarang, karena bisa membuat bus kelebihan muatan,” kata Kasie Teknologi Pengujian Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, Ditjen Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan, Arham Safti, Minggu (05/7/2015).

Dari lima sample bus AKAP yang diambil, dua di antaranya melakukan pelanggaran trayek dan bisa ditindak tegas. Bahkan, terdapat bus yang lampu sennya rusak, kaca depan retak, dan sejumlah permasalahan teknis lainnya.

Hasil uji tersebut akan dilaporkan ke Kemenhub, Dishub Kota Cilegon, dan Dishub Provinsi Banten untuk dijadikan bahan kajian.

“Kepala UPT terminal (TTM Cilegon) disini supaya menyampaikan temuan dari tim kami kepada PO (perusahaan otobis) yang ada disini, agar melakukan perbaikan sebelum H-7 sebelum dilakukan pemasangan stiker. Karena ini menyangkut keselamatan penumpang,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2016 FBn