Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Irna : Guru adalah Pelopor Perubahan
Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE menerima hibah paket buku bacaan berjenjang secara simbolis dari Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad.

Irna : Guru adalah Pelopor Perubahan

Pandeglang,fesbukbantennews.com (2/5/2016)  – “Peran guru perlu menjadi perhatian dalam meningkatkan kapasitas mengajar. Mengapa?” tanya Hj. Irna Narulita, Bupati Pandeglang, Senin (2/5/2016).

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE menerima hibah paket buku bacaan berjenjang secara simbolis dari Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE menerima hibah paket buku bacaan berjenjang secara simbolis dari Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad.

“Profesi guru adalah profesi mulia. Kehadiran guru niscaya menginspirasi. Guru adalah pelopor perubahan bagi anak didik yang kemudian dapat menyiapkan masa depan yang cemerlang,” tambahnya di hadapan sejumlah peserta konsultasi publik.

Acara ini membahas perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru di Kabupaten Pandeglang yang diikuti oleh sejumlah pemangku kepentingan, pelaku pendidikan seperti pengawas dan kepala sekolah.

Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa mutu guru adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sistim pendidikan.

“Program pengembangan keprofesian berkelanjutan atau PKB menjadi penting karena menjamin setiap guru untuk memenuhi standar kompetensinya. Hal ini tentunya harus sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai oleh guru. Kami telah memfasilitasi berbagai materi pelatihan dan melatih fasilitator daerah agar dapat dimanfaatkan bagi sebesar-besarnya pengembangan kompetensi profesionalisme guru,” kata Rifki.

Secara simbolis, Rifki juga menyerahkan paket buku bacaan berjenjang kepada Bupati Pandeglang untuk mengawali gerakan literasi di sekolah. Bupati Pandeglang mengapresiasi upaya USAID PRIORITAS dalam meningkatkan kapasitas guru untuk mendorong perubahan metode mengajar yang lebih baik.  Selanjutnya, Kabupaten Pandeglang akan menerima hampir 200 ribu paket buku yang akan didistribusikan ke 180 sekolah. Untuk menggunakan buku bacaan berjenjang ini, para guru di kelas awal akan dilatih oleh 10 orang fasilitator terlatih program buku bacaan berjenjang.

Berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, yang dimaksud dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru  yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Komponen PKB terdiri atas tiga bagian menurut Pasal 11 ayat C, Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Sebagai mitra Kabupaten Pandeglang telah dilatih untuk merancang program PKB untuk guru seperti kebutuhan pelatihan, harga satuan pelatihan, ketersediaan dana dan cara mengelola pelatihan terbaik. Program PKB ini dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS merupakan salah satu program Kemendikbud dan Kemenag melalui pendekatan berbasis gugus-KKG/MGMP dan berbasis sekolah (whole school development) agar tepat sasaran.

Kabupaten Pandeglang telah bermitra sejak tahun 2012 yang menjangkau dua kecamatan yakni Bojong dan Mandalawangi, dengan 24 sekolah mitra (16 SD/MI dan 8 SMP/MTs). Tercatat penerima manfaat sebanyak 389 guru/tenaga kependidikan dan 9.213 siswa. Untuk menyebarluaskan manfaat program USAID PRIORITAS, diseminasi modul pelatihan telah menjangkau 349 sekolah dan 1.544 guru/tenaga kependidikan secara swadana, baik BOS maupun APBD dengan anggaran hamper mencapai 500 juta rupiah.(LLJ)

Pengirim: Anna Usaid Prioritas.

Copyright @2016 FBn