Inilah Alasan Kafilah Cilegon Mundur dari MTQ Banten XIII di Kota Serang

0
205

Cilegon,fesbukbantennews.com (9/4/2016) – Perhelatan lomba membaca Al Quran atau Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten XIII yang diselenggarakan di Kota Serang diwarnai aksi angkat koper kafilah Cilegon.Mundurnya kafilah Cilegon dipicu panitia penyelenggara tidak mentaati dan menegakan rapat kerja daerah lembaga pengembangan tilawatil quran (LPTQ) di Bogor beberapa waktu lalu.Dimana salah satu poin hasil rakerda yang ditandatangani LPTQ kabupaten dan kota se-Banten yaitu masalah pembatasan umur peserta tidak dilaksanakan oleh panitia penyelenggara.

Pembukaan MTQ XIII Banten oleh Rano Karno di Kota Serang.(foto: Humas Setda Pemrov Banten)
Pembukaan MTQ XIII Banten oleh Rano Karno di Kota Serang.(foto: Humas Setda Pemrov Banten)

Saat dihubungi wartawan, Sabtu, (9/4/ 2016 Wali Kota Cilegon Tb.Iman Ariyadi menyatakan mengapresiasi langkah yang diambil kafilah Kota Cilegon.Menurut dia keputusan yang diambil tidak mengikuti MTQ merupakan bentuk pembelajaran bagi panitia penyelenggara kedepan.

“Kalau dari awal tidak ditanamkan nilai kejujuran,komitmen dan konsistensi, ya percuma diselenggarakan MTQ.Kalau kedepan pola penyelenggaraan seperti ini ya kami (Kota Cilegon-red) tidak akan ikut,lebih baik anggaran dana untuk pembinaan dan bidang kemasyarakatan yang lain,” tegas Iman.

Seharusnya lanjut Iman, panitia menyeleksi persyaratan peserta yang akan berlomba di MTQ sesuai dengan peraturan yang berlaku,dengan melihat kartu keluarga,kartu tanda penduduk.Dia juga mengingatkan MTQ, bukan arena adu gengsi untuk meraih juara,tetapi lebih mendasar kegiatan tahunan itu untuk mencari bibit qori,qoriah dan hafiz dan hafiz yang nantinya dibina.

“Kan banyak santri di pesantren di wilayah Banten, itulah yang harus dibina.Sayang kan anggaran APBD yang digunakan membina mereka pada akhirnya tidak berguna karena ketidaktransparanan panitia dalam penyelanggaraan MTQ,” kata dia.

Salah satu pengurus LPTQ Kota Cilegon Muhamad Sabit membenarkan kafilah Kota Cilegon resmi mundur dari MTQ tingkat Provinsi Banten XIII dengan keluarnya surat Nomor 037/LPTQ-CLG/IV/2016.

“Semua kafilah Cilegon dari semua kategori semalam pukul 00.10 telah angkat koper dari Hotel Tamansari,alasan peserta Cilegon menarik diri karena banyaknya manipulasi data dan kurang transparanya penyelenggara,” jelasnya.(kuk/LLJ).