Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Ini Perbedaan Rute Seba dan Puncak Seba Baduy 2016
Seba Baduy (dok:FBn)

Ini Perbedaan Rute Seba dan Puncak Seba Baduy 2016

Serang,fesbukbantennews.com (14/5/2016) – Ada yang berbeda dari pelaksanaan Seba Baduy tahun ini. Rute perjalanan yang dilewati rombongan masyarakat Baduy menuju bekas Pendopo Gubernur Banten, tidak lagi melalui Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Kecamatan Curug, Kota Serang seperti pada tahun 2015 lalu.

Seba Baduy (dok:FBn)

Seba Baduy (dok:FBn)

Rute yang dilewati warga Baduy setelah melakukan seba di Pendopo Kabupaten Pandeglang langsung menuju gelanggang olahraga (GOR) di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang. Dari ciceri semua warga Baduy yang akan melakukan Seba, berjalan kaki menuju Alun-alun Barat,  Kota Serang.

Setelah melalui Jalan Ahmad Yani  menuju Jalan Veteran Kota Serang, langsung disambut oleh grup Marching Band Gita Surosowan sebagai bentuk penghormatan tamu Gubernur Banten. Di pendopo Gubernur Banten sendiri disiapkan kesenian tradisional gamelan kliningan.

Sementara itu di aAlun-alun Barat juga digelar pameran produk kerajinan warga Baduy. Selanjutnya sejenak warga Baduy berinteraksi dengan warga masyarakat pengunjung pameran. Beberapa utusan Baduy juga mengunjungi situs Banten Lama dan membaca phenomena peninggalan Sultan di sana.

Pada sore harinya, mereka mandi di Sungai Cibanten, sebagai bentuk meneruskan tradisi kolot, sowan kana cai wahanteun.

Malam harinya warga Baduy menuju Pendopo Gubernur Banten untuk melangsungkan ritual pokok seba Baduy. Mereka menyerahkan kue laksa, hasil bumi, serta menyampaikan amanat puun (tetua adat Baduy).(LLJ)

Copyright @2018 FBn