Ini Jadwal Rangkaian Acara ANYER KRAKATAU CULTURE FESTIVAL (AKCF) 2019

0
304

Serang, fesbukbantennews.com (27/7/2019) – Setelah sukses menggelar Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali menggelar AKCF 2019. Pada kegiatan kedua ini, telah dirancang berbagai rangkaian kegiatan. Antara lain:

AKCF 2019.

– Festival Silat Keserangan Piala Bupati Serang ke-4 (18 Juli 2019).

Jurus Silat Kaserangan digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 paguron di Kabupaten Serang. Jurus ini menjadi simbol persatuan para pendekar silat di Kabupaten Serang.

-Ngagurah Dano /Sayembara Newak Lauk (28 Juli 2019).

Ngagurah dano ini sudah menjadi tradisi warga di Kecamatan di Kabupaten Serang, sejak dulu dan menjadi taradisi turun temurun. Agenda budaya ngagurah dano ini dilaksanakan satu tahun sekali pada puncak musim kemarau, pasca panen raya. Dengan menggunakan alat tangkap ikan tradisional, seperti tadah, jala, ganco, sair dan sambet.

– Selat Sunda Fishing Competition ( 4 Agustus 2019).

Lomba yang akan dilaksanakan Selat Sunda Fishing Competiton yaitu  Lomba hobi perorangan dan perahu nelayan yang akan dilaksanakan pada, Minggu 4 Agustus 2019.

Mancing dengan menikmati keindahan rumpon kepulauan Sangiang terdapat terumbu karang yang sangat exotic dan kekayaan baharinya yang melimpah di Kabupaten Serang. Ayo buruan daftarkan diri anda sekarang jangan sampai terlewatkan.

Selain kegiatan lomba mancing pengunjung juga bias menikmati pemandangan yang sangat indah di samping itu juga ada lomba perahu nelayan yang pasti bisa menyedot perhatian masyarakat setempat untuk menonton lomba tersebut.

Diharapkan para peserta dan masyarakat yang datang agar tetap menjaga kebersihan tujuannya untuk menambahkan kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungan. Masyarakat mencari ikan di laut, kebersihan juga harus dijaga selain itu lomba ini juga diharapkan kepada masyarakat dapat lebih meningkatkan rasa kecintaannya pada alam terutama pantai. Sehingga kelestariannya dapat tetap terjaga dengan baik.

Acara mancing mania ini selain untuk menyalurkan hobi para pemancing juga akan meningkatkan awareness warga masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya di mana masyarakat akan lebih tahu akan lebih menguntungkan apabila memelihara terumbu karang untuk kemudian dijadikan arena memancing bagi para hobiis daripada merusak terumbu karang dengan cara menjual atau melakukan pencarian ikan menggunakan racun atau bom yang pada akhirnya akan merusak lingkungan dimana warga masyarakat diharapkan akan mampu melihat keuntungan jangka panjang daripada mencari keuntungan dalam waktu singkat dengan cara merusak lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah Pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini akan lebih mempromosikan pariwisata di wilayah Anyer yang kemarin sempat agak terganggu akibat adanya Kejadian gempa dan tsunami akan kembali merevitalisasi pariwisata di Banten yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah kecamatan Anyer dan Kabupaten Serang pada umumnya.

-Anyer Color FUN RUN 10 K :(31 Agustus 2019).

Agenda tahunan yang menyedot Ribuan peserta Dari berbagai daerah . kegiatan Yang tepat untuk mengenalkan wisata di Kabupaten Serang.

– Gala Dinner : (25 September 2019).

Malam keakraban penggiat pariwisata sekaligus penganugerahan bagi pemuda berprestasi. Gala Dinner & AKCF Award dan juga menjadi momen silaturahmi antara Bupati Serang dengan para pengusaha perhotelan dan stakeholder bidang pariwisata, serta masyarakat secara umum.

– Anyer Krakatau Adventure Destination :(29 September 2019).

Bagi yang hobi menjelah alam dengan motor trail. Kegiatan ini sepertinya tidak boleh dilewatkan. Start dari Pantai Adeum kemudian menjelajah alam hingga ke Kecamatan Padarincang.

-Anyer Surfing Competition (5 Oktober 2019).

Untuk pertama kalinya dalam rangkaian AKCF digelar Kompetisi Surfing sebagai ajang kampanye Anyer aman dan dijadikan sarana olahraga.(Adv)