Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Icip Kuliner Banten; Berbagai Komunitas dari Jakarta Terkesan Dengan Rabeg dan Angeun Lada
Owner Frangipani (kiri) sedang menjelaskan Berbagai Kuliner Banten ke para komunitas Dari Jakarta.

Icip Kuliner Banten; Berbagai Komunitas dari Jakarta Terkesan Dengan Rabeg dan Angeun Lada

Serang, fesbukbantennews.com (12/11/2018) – Berbagai macam komunitas dari Jakarta , baik komunitas seni, budaya dan kuliner menyelenggarakan acara yang bertajuk “Icip Kuliner Banten ” di Resto Frangipani, jalan Bayangkara ,Kota Serang, Minggu (11/11/2018).

Owner Frangipani (kiri) sedang menjelaskan Berbagai Kuliner Banten ke para komunitas Dari Jakarta.

Hadir dalam icip bareng kuliner Banten tersebut, komunitas Aku CInta Makanan Indonesia (ACMI) , komunitas Belanga, Yayasan Negeri Rempah dan Juga Focus Fotografi Banten.

Owner Frangipani Manik Ayu Sartika Dewi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mempromosikan wisata dan juga kuliner di Banten khususnya di Kota Serang kepada komunitas-komunitas tersebut. Diharapkan, dengan kegiatan yang seperti ini maka akan dapat lebih cepat mempromosikan penganan Banten yang selama ini banyak orang yang tidak tahu, bahkan termasuk komunitas tersebut.

“Jadi di era milenial seperti sekarang kan. Banyak yang memfoto dulu makanannya, nah dipasang di media sosial hingga akhirnya jadi terkenal, harapan kami seperti itu,” ujar Manik, Minggu (11/11).

Ia mengatakan, ide untuk mengundang para komunitas tersebut ke Serang dikarenakan, ketika sedang terdapat kumpulan di Jakarta, para komunitas yang ada menyatakan belum tahu apa saja kuliner khas yang ada di Kota Serang dan Banten.

“Banyak komunitas yang tertarik makanan khas Banten atau Serang,” ujarnya.
Oleh sebab itu, maka ia berinisiatif untuk mengundang mereka untuk memperkenalkan budaya Banten dan juga kuliner-kuliner khas yang ada, seperti Rabeg, Angeun Lada dan juga sate Bandeng.

“Kita tidak keluarkan semua, agar nanti dapat datang kembali untuk mencoba yang lainnya,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Manik juga mempresentasikan budaya-budaya di Kota Serang dan juga bangunan bersejarah lainnya yang ada. Selain itu, agenda mencicipi makanan juga mereka lakukan. Pada momen tersebut, beberapa anggota komunitas melakukan sesi pemotretan.

“Komunitas Belanga ini isinya ada agen media online dan cetak, blogger, influencer dan lainnya. Mereka melihat langsung dan nantinya akan mempromosikan masakan khas Banten ini,” paparnya.

Para peserta icip Kuliner Banten antusian mencicipi Kuliner khas Banten.

Ade Putri , dari Aku CInta Makanan Indonesia mengaku terkesan dengan angeun lada dan rabeg. Karena selain rasanya enak juga aromanya khas.

“Seperti angeun lada, ini aromanya khas sekali . dan saya baru menemukan seperti ini, ” kata Ade Putri.

Sementara itu, Kasie Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Serang, Eka Purwanti mengatakan, kuliner merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan. Sebab itu, ia mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini.

“Di Kota Serang sendiri tidak hanya fokus di kuliner, ada budaya, ada dan lainnya yang ditonjolkan, namun kita pernah juga mengadakan festival kuliner khas Kota Serang,” jelas Eka.

Ia berharap, kegiatan yang seperti ini dapat terus teragendakan dan terjadwal, sehingga kedepannya akan ada kolaborasi yang baik antara Pemkot Serang dengan komunitas-komunitas tersebut. (Ji/LLJ)

Copyright @2018 FBn