Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » HUT Kabupaten Serang ke-492, Pameran Inovasi Daerah dan Pasar Rakyat Resmi Dibuka
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat membuka Pameran Inovasi Daerah, UMKM dan Pasar Rakyat di Lapangan Pamarayan, Kabupaten Serang, (11/10).

HUT Kabupaten Serang ke-492, Pameran Inovasi Daerah dan Pasar Rakyat Resmi Dibuka

Serang, fesbukbantennews.com (12/10/2018) – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) mengadakan pameran inovasi daerah, UMKM dan pasar rakyat yang diadakan di lapangan Pamarayan, Kabupaten Serang, Kamis (11/10). kegiatan tersebut bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang ke-492.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat membuka Pameran Inovasi Daerah, UMKM dan Pasar Rakyat di Lapangan Pamarayan, Kabupaten Serang, (11/10).

Dalam sambutannya saat membuka pameran, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan dengan diadakannya pameran ini bisa lebih menambah inovasi kepada seluruh OPD dan kekreatifitasan masyarakat semakin berkembang.

“Makin kesini semakin bagus, di tambah juga dengan inovasi-inovasi dari masing-masing OPD muncul. Ini semakin menambah baik pelayanan kepada masyarakat dan kreatifitas dari masyarakat, OPD dan Desa pun sudah mulai terlihat,” kata Tatu.

Dengan diadakannya pameran ini,lanjut Tatu semoga produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Serang bisa masuk di tingkat Nasional dan bisa masuk ke pasar Nasional tidak hanya di Kabupaten Serang saja.

“Tadi kami juga telah memberikan hadiah kepada tiga desa yang berinovasi sangat baik, inovasi desa itu bumdes nya bisa menciptakan untuk lapangan kerja, salah satunya destinasi wisata kemudian bisa menjadi PAD desa, diharapkannya kesana,” ujarnya

Tatu menegaskan, semua Desa bisa punya inovasi untuk memunculkan potensi-potensi yang ada di masing-masing, untuk bisa membuka lapangan kerja, mensehjaterakan masyarakatnya dan bisa menambah PAD itu sendiri.

Untuk inovasi Desa, kata Tatu, semakin kesini sudah berjalan semakin baik dan akan lebih baik lagi. Tatu juga menegaskan bahwa, inovasi-inovasi tadi, ada yang banyak itu adalah yang terpenting bisa terakses oleh masyarakat dengan mudah.

Sementara, sumbangsih dari UMKM, menurut Tatu, mempunyai peran utama, maka dari itu pihaknya terus mendorong karena terhadap PDB cukup besar terutama untuk di Kabupaten Serang sendiri bisa memecahkan masalah terhadap pengangguran. “Kalau kita ciptakan lapangan kerja dengan cara membuka UMKM itu lebih mudah dari pada mereka harus cari kerja, seperti ingin menjadi PNS, kerja di industry dan lainnya itu kan terbatas,” katanya

Tatu menargetkan yang ikutan pameran ini sebanyak-banyaknya, namun ia menjelaskan bahwa, bukan hanya target saja yang banyak namun yang terpenting besar dampak dari pameran ini.

“Bisa dilihat antusiasme masyarakat saat dibukannya saja sudah membludag. Dan yang terpenting bagi saya bukan seberapa banyak yang mengikuti, namun seberapa berdampaknya UMKM ini. Ada pasar atau konsumen yang melihat kualitas, supaya meningkat ke tingkat Nasional yang terpenting karena pameran ini untuk ajang memamerkan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Diskoperindag Kabupaten Serang, Abdul Wahid menginginkan acara ini bisa lebih ramai dari tahun yang lalu. “Kita harapkan sih banyak peminat, karena ini pesta rakyat dan inovasi. Buktinya tadi dari Sekda Palu juga datang, kita juga sudah mengundang se Provinsi Banten, alhamdulilah pejabatnya semua pada datang,” katanya

Memang, lanjut Wahid, ini pameran tingkat Kabupaten, namun ia berharap kedepannya bisa Nasional. “Harapan ibu Bupati sebetulnya kepada Bendungan Pamarayan dijadikan destinasi wisata. UMKM kita pilih yang bagus dan ruangannya juga dipisahkan sesuai produk,” katanya.

Wahid mengungkapkan, produk unggulan didalam pameran ini, kata Wahid, adalah produk makanan yang diunggulkan, karena tidak sedikit dari UMKM Kabupaten Serang yang menciptakan produk makanan sudah masuk supermarket. (Bp/LLJ)

Copyright @2018 FBn