Hilang Belasan Tahun,TKW asal Pontang Kabupaten Serang Ditemukan di Suriah

0
198

Jakarta,fesbukbantennews.com (2/12/2016) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus Suriah berhasil menemukan Kujemah bt Sayib, TKW asal Serang Banten, setelah hilang kontak dengan keluarganya lebih dari 10 tahun. 

Kujemah Binti Sayid TKW asal Pontang Kabupaten Serang yang ditemukan Di Suria.
Kujemah Binti Sayid TKW asal Pontang Kabupaten Serang yang ditemukan Di Suriah setelah belasan tahuh hilang.

 

Pada Oktober 2016, KBRI Damaskus menerima surat pengaduan dari Deputi Perlindungan BNP2TKI untuk penelusuran Kujemah bt Sayib. Namun, berdasarkan data dari BNP2TKI, Kujemah telah dipindah dan tidak diketemukan di alamat pengaduan. Setelah menempuh proses panjang pencarian, KBRI Damaskus menemukan Kujemah bt Sayib di Kota Lattakia Suriah bekerja dengan majikan Mrs. Jozet Maya. Ketika ditemukan, TKW asal Kecamatan Pontang Serang ini sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia. 

Kujemah Binti Sayid TKW asal Pontang Kabupaten Serang yang ditemukan Di Suria.
Kujemah Binti Sayid TKW asal Pontang Kabupaten Serang yang ditemukan Di Suriah.

 

Berdasarkan keterangan dari Kujemah yang disampaikan dalam Bahasa Arab, ia dikirim ke Suriah setelah lulus SD atau saat berusia 15 tahun. Namun di paspor dipalsukan menjadi berusia 27 tahun alias kelahiran 1978. Saat ini, Kujemah bt Sayib telah aman berada di penampungan WNI KBRI Damaskus bersama 27 TKI lainnya dan menunggu dipulangkan.

 

Makhya Suminar, Pejabat Konsuler KBRI Damaskus, menegaskan bahwa KBRI Damaskus tetap memprioritaskan memperjuangkan kepulangan setiap TKI dari Suriah dengan membawa pulang gaji dan haknya.

 

“Saya titip agar tidak ada pihak-pihak di Indonesia yang menarik keuntungan dari kepulangan Kujemah yang sudah kami perjuangkan di Suriah,” tegas Makhya. “Hasil jerih payah Kujemah selama belasan tahun bekerja di negeri orang, saya harapkan agar bisa dimanfaatkan untuk Kujemah sendiri, sehingga ia tidak lagi tergoda iming-iming sponsor atau agen illegal untuk kembali lagi bekerja sebagai TKW ke Suriah.”

 

Ditambahkan oleh Pejabat Penerangan Sosbud KBRI Damaskus bahwa Kujemah merupakan hanya satu dari puluhan ribu kasus TKI yang ditangani oleh KBRI Damaskus. Sepanjang 2016, KBRI Damaskus telah merepatriasi sebanyak 336 WNI. Sebanyak 88 di antaranya adalah korban perdagangan manusia (TPPO). Adapun, sejak program repatriasi WNI Suriah berlangsung sejak 2012, KBRI Damaskus telah merepatriasi sebanyak 12.563 WNI.(LLJ

 

 

(Sumber: Pensosbud KBRI Damaskus)