Hari Santri Nasional, GP Anshor Lebak dan Ribuan Santri Lakukan Istigosah Akbar

0
211

Lebak, fesbukbantennews.com (22/10/2017) – Ribuan jamaah yang berasal dari Santriawan/ santriwatii, para ulama dan masyarakat memadati komplek Halaman perkantoran kecamatan Malingping dalam kegiatan Istigosah Akbar dalam memperingati Hari Santri Nasional 2017 yang di gagas oleh PC GP Ansor Lebak dan PAC Ansor Malingping, yang dihadiri oleh Wakil Bupati lebak H. Ade Sumardi, forkopimda, Anggota DPR RI Hj. Vivi Sumantri Jayaba dan H. Ace dan para Pimpinan Pondok Pesantren, Minggu, ( 22/10/2017).

KH Abuya Muhtadi (paling kiri) memimpin istighosah akbar di halaman kantor kecamatan Malingping.

Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi mengingatkan jamaah tentang Resolusi jihad KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 bahwa Sejak masa perjuangan, peran para ulama dan kyai khususnya santri di lingkungan pesantren, dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, tak bisa diabaikan apalagi dihapuskan.Untuk itu Wakil Bupati mengajak para santri agar berevolusi dalam segi pola pikir yang tadinya para santri berfikir hanya sekedar mampu membaca Alquran dan kitab-kitab keagamaan, kini para santri harus mampu meningkatkan sumber daya manusianya dalam segala bidang aspek kehidupan, ekonomi, politik, Pemerintahan, keuangan dll.

“Sekarang santri tidak cukup hanya mampu membaca kitab saja, tetapi harus mampu meningkatkan SDM dan mengisi segala sektor kehidupan seperti pemerintahan agar mampu membuat kebijakan-kebijakan yang berlandaskan kesejahteraan dan kemanfaatan bagi umat”. Ungkap Wakil Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa persaingan antar negara khususnya yang ingin merusak dan menghancurkan negara republik indonesia sudah tidak lagi perang dengan menggunakan senjata, namun dengan cara- cara seperti mengadu domba antar elemen masyarakat dan merusak sumber daya generasi muda bangsa dengan obat-obat terlarang seperti narkoba.

Sukanta selaku Camat Malingping mengucapakan banyak terima makasih kepada seluruh elemen masyarkat khususnya PC GP Ansor Lebak yang telah menggagas acara istogosah akbar ini dan seirama dengan wakil bupati, Sukanta juga mengungkapkan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia tidak luput dari perjuangan para Alim ulama dan para Santri seantero nusantara.

” Di Bumi Multatuli kita ini, islam terus selalu kita kumandangkan , dalam rangka menjaga keutuhan negara Republik Indonesia” Ujar Sukanta.

Ketua PC GP Ansor Lebak Ade Bujhaerimi sekaligus ketua panitia acara Istogosah Akbar ini meminta kepada pemerintah agar para santri tidak hanya di hitung akan tetapi di perhitungkan.

Istogosah Akbar dalam rangka Hari Santri Nasional 2017 dipimpin langsung oleh KH Abuya Muhtadi pandeglang dan ribuan para jamaah melaksanakan istogosah dengan khusu dan khidmat serta berharap keridhoaan dari Allah SWT. (REN/LLJ)