Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Hari Pertama Jadi Gubernur, Rano Ziarah ke Banten Lama

Hari Pertama Jadi Gubernur, Rano Ziarah ke Banten Lama

Serang,fesbukbantennews.com (13/8/2015) Hari pertama menjadi Gubernur Banten, Rano Karno, berziarah di makam Sultan Maulana Hasanudin Banten dan melakukan shalat di Masjid Agung Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, untuk memohon doa restu dari pendiri Kesultanan Banten agar diberikan kelancaran dan berkah selama memimpin Provinsi Banten, hingga akhir masa jabatannya di tahun 2017 mendatang.

Rano jadi imam di Banten Lama.(LLJ)

Rano jadi imam di Banten Lama.(LLJ)

“Mungkin doa restu dari awal sudah minta. Tapi sekarang lebih minta lagi,” kata Gubernur Banten, Rano Karno, yang ditemui usai berziarah dan shalat di Kesultanan Banten Lama, Kamis (13/08/2015).

Rano Karno yang baru saja kemarin, Rabu 12 Agustus 2015 lalu dilantik oleh Jokowi di Istana Negara menjelaskan bahwa. Selain meminta doa restu, ajang ini pun dijadikan sebagai bentuk silaturahmi dan rasa syukur Rano yang kini menjadi pemimpin di Tanah Jawara.

“Dalam rangka silaturahmi. Kebetulan memang belum (silaturahmi) dengan keluarga besar kenadziran. Syukuran kemaren sudah dilantik menjadi gubernur. Tidak ada salahnya shalat disini dan ziyarah. Ini bagian dari pada apa kecintaan saya,” terangnya.

Rano mengaku Kesultanan Banten beserta masjid Agung Banten Lama, Makam Sultan Ageng Tirtayasa, hingga Benteng Surosowan nya bukan hal yang asing bagi keluarganya.

Dimana menurut penuturannya, pada tahun 1970 Rano sudah pernah berziarah di makam Sultan Maulana Hasanudin Banten. Lalu ditahun 1971 dirinya pernah syuting film Malin Kundang ditempat yang sama. Sedangkan di tahun 1980, Bang Doel bersama ‘Engkong’ nya mengatakan pernah kembali mendatangi Kesultanan Banten.

“Jadi ziarah bagi saya, bagian dari pada juga ungkapan hormat kita kepada leluhur, kepada karuhun sebagai ungkapan terima kasih,” kelasnya.

Meski Kesultanan Banten tak asing baginya. Namun semenjak menjabat Wakil Gubernur hingga menjadi Gubernur Banten, Rano mengaku jarang menyambangi Masjid Agung Banten Lama ataupun ziyarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin Banten.

“Sering juga tidak. Tapi kaya Maulud Nabi kesini, pas Shalat Jum’at kemari, tapi tidak menjadi rutin,” tegasnya.(LLJ)

Copyright @2018 FBn