Hari Pertama Haul Kesultanan Banten ke-491 Meriah, Abuya Muhtadi Pimpin Doa untuk Rohingya

0
195

Serang,fesbukbantennews.com (13/10/2017) – Hari pertama rangkaian Kegiatan “Haul Kesultanan Banten ke 491” yang diselenggarakan oleh Kesultanan Banten bekerjasama dengan Yayasan Bhakti Banten yang dipusatkan di komplek Yayasan Bhakti Banten jalan Sentul Pamarayan km.13 Cikeusal, Serang, Banten, Jumat (13/10/2017) berlangsung meriah. Meski pemerintah kabupaten Serang semula akan membantu kemudian tiba-tiba membatalkan.

Sultan Banten RTB Bambang Wisanggeni (kedua dari kiri) dan Abuya Muhtadi (kedua Dari kanan) memimpin doa bersama untuk Rohingya.

Rangkaian kegiatan yang rencananya dimulai dari Jum’at hingga Minggu, 13-15 Oktober 2017 ini, di hari pertama, dimulai dengan acara jalan santai yang dipimpin langsung oleh Sultan Banten RTB Bambang Wisanggeni atau Syarief Muhammad Ash-Shafiuddin bersama 1000 orang peserta yang berjalan di seputaran Kecamatan Cikeusal, Serang.

Dalam acara tersebut,Sultan Banten berharap dengan berjalan bersama-sama masyarakat dapat memupuk kebersamaan, saling mengenal, dan tentu saja kesehatan terjaga.

“Karena jalan santai esensinya adalah menyehatkan jasmani dan rohani, sebab , al aqlu salim fi jismi salim, akal pikiran yang sehat terletak dalam tubuh yang sehat. Jadi mari kita budayakan berjalan sehat sambil melihat sekeliling kita yang mungkin membutuhkan bantuan dan pertolongan kita,” jelas Sultan Banten.

Jamaa istighosah membludak di hari Pertama Haul Kesultanan Banten me -491.

Setelah kegiatan jalan sehat selesai, yang ditutup dengan pembagian doorprize. Kemudian rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan dzikir haul kesultanan yang dipimpin oleh Abuya Muhtadi.

Ketua Yayasan Bhakti Banten DR. Mufti Ali menjelaskan, Haul Kesultanan Banten ke 491 ini digagas langsung oleh Abuya Muhtadi, Ulama Kharismatik di Banten dan diselenggarakan bersamaan dengant Festival Bhakti Banten ke-3 yang selalu berlangsung meriah dan antusias masyarakat sangat tinggi.

“Selain dzikir haul kesultanan dan do’a bersama untuk saudara kita Muslim Rohingya yang dipimpin langsung oleh Abuya Muhtadi, ada kegiatan santunan bagi anak yatim,” jelas Mufti Ali yang juga merupakan Ketua Panitia sekaligus Ketua Yayasan Bhakti Banten.

Pemerintah Kabupaten Serang yang semula akan turut serta membantu dan memeriahkan kegiatan, tiba- tiba mengurungkan niatnya untuk berkontribusi di acara ini, karena ada Kesultanan Banten.

“Saya sangat menyayangkan sikap Pemkab Serang terhadap Kesultanan Banten yang seolah antipati, padahal Kesultanan Banten adalah bagian dari sejarah yang tidak boleh dilupakan,” tegas Mufti Ali.(last/LLJ)