Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dinkes Pandeglang Siapkan Ratusan Petugas
Ilustrasi.(google)

Hadapi Arus Mudik Lebaran, Dinkes Pandeglang Siapkan Ratusan Petugas

Pandeglang,fesbukbantennews.com (28/6/2016) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang menyiagakan ratusan petugas yang tergabung dalam Tim Kesehatan menghadapi arus mudik pada Lebaran 1437 H. Tim Kesehatan itu terdiri dari 57 dokter, 352 perawat, 307 bidan dan 99 tenaga non medis yang ditugaskan secara khusus melayani kesehatan pemudik mulai H-7 sampai H+7 Lebaran.

Ilustrasi.(google)

Ilustrasi.(google)

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj. Indah Dinarsiani usai memimpin rapat koordinasi internal kesiapan Posko Kesehatan arus mudik Lebaran 1437 H bersama Rumah Sakit dan Puskesmas se Kabupaten Pandeglang, Jumat (24/6/2016).

Indah menjelaskan, ratusan petugas medis tersebut disiagakan untuk melayani pemudik di 5 Posko Kesehatan gabungan, 2 Posko Kesehatan alternatif yang berdiri di sepanjang jalur mudik dan 36 Posko Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.

“Kami bekerja sama dengan Polres Pandeglang dan Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi, mendirikan Posko kesehatan gabungan di beberapa titik strategis jalur mudik,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang Indah Dinarsiani.

Menurut Indah, Posko kesehatan akan beroperasi 24 jam mulai tanggal 30 Juni 2016 hingga 14 Juli 2016 mendatang. Posisi Posko Kesehatan gabungan berada di Alun-alun Pandeglang, Terminal Kadubanen, Pertigaan Mengger, Terminal Tarogong Labuan, Lippo Carita. Sementara itu Posko Kesehatan alternatif berada di Pustu Banjarwangi Kecamatan Pulosari dan Pustu Bojongcanar Kecamatan Cikeudal.

“Di Posko Kesehatan disediakan tenaga medis, obat-obatan dan ambulans untuk melayani pemudik jika sakit atau sekedar melakukan cek kesehatan bagi pemudik dan pengemudi saat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi menambahkan, seluruh Puskesmas yang difungsikan sebagai Posko Mudik tetap melayani masyarakat umum yang akan berobat selama masa arus mudik dan cuti bersama Lebaran. “Semua Puskesmas tetap buka dan disiagakan 24 jam melayani masyarakat yang sakit maupun antisipasi kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Didi menjelaskan, pelayanan Puskesmas dijalur utama mudik diantaranya Mandalawangi, Cadasari, Karangtanjung, Kaduhejo, Cimanuk, Munjul, Cikeusik, Cigeulis, Cimanggu, Cisata, Jiput, Cibaliung, Sumur, Saketi, Bojong, Picung, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, Sobang akan ada petugas kesehatan jaga stand by 24 jam.

Sementara Puskesmas lainnya yakni Majasari, Kadomas Pandeglang, Banjar, Bangkonol, Cikupa Pandeglang, Pulosari, Sindangresmi, Perdana Sukaresmi, Cibitung, Cipeucang, Cikeudal, Pagelaran, Angsana, Mekarjaya, dan Puskesmas Patia hanya disiagakan 24 jam. “Artinya Puskesmas siaga tidak stand by 24 jam, namun petugas piket akan melakukan pelayanan ketika warga memerlukan,” tandasnya.(dinkesPDG/bukanADV/LLJ)

Copyright @2016 FBn