Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Gerhana Bulan Total, Jangan Lupa Salat Sunah Gerhana

Gerhana Bulan Total, Jangan Lupa Salat Sunah Gerhana

Serang,fesbukbantennews (4/4/2015) Berdasarkan data astronomis, pada Sabtu 4 April 2015 atau bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436 Hijriah mulai pukul 17.15 WIB, di Indonesia akan terjadi gerhana bulan total (GBT). Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana bulan total ini.

Foto : net

Foto : net

Dikutip dari viva.co.id,puncak gerhana bulan total ini akan terjadi pada pukul 19.01 WIB dan selesai pada pukul 20.44 WIB. Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengimbau kepada umat Islam untuk melakukan salat sunah gerhana secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

“Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya,” kata Dirjen Bimas Islam Machasin, Jumat 3 April 2015.

Fenomena gerhana adalah kejadian yang sangat unik bagi kita. Karena pada saat itu matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus dan tak terjadi tabrakan sama sekali.

Maka, sudah sepantasnyalah bagi kita untuk mensyukuri hal ini. Bagi Para pemeluk Agama Islam, Shalat Gerhana dianjurkan sebagai tanda taat pada Allah.(viva/LLJ).

Copyright @2016 FBn