Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Generasi Muda Tangerang Harus Diberi Kesempatan Kembangkan Seni Budaya dan Wisata (*oleh : Dodi)

Generasi Muda Tangerang Harus Diberi Kesempatan Kembangkan Seni Budaya dan Wisata (*oleh : Dodi)

fesbukbantennews.com (25/11/2015) – Kota Tangerang khususnya sebagai batas (tetenger) dari Provinsi Banten yang juga mengapit Provinsi DKI Jakarta harus bisa banyak berbenah dan menyajikan potensi seni budaya dan wisata yang berbasis kearifan lokal.

Dodi Gunawan.(ist)

Dodi Gunawan.(ist)

Sejauh ini Kota Tangerang ketinggalan jauh dengan Cilegon, Serang, Kota dan Kabupaten lainnya dalam seni budaya dan wisata. Banyak pekerja seni muda yang mampu dan kreatif untuk memajukan seni dan budaya di kota tangerang, tapi tidak diberikan kesempatan untuk bisa berbuat dan menunjukkan hasil karya.

Memberikan kesempatan kepada orang muda, jangan hanya yang itu-itu saja yang muncul tidak ada perkembangan dan kemajuan yang berarti. Terlihat hanya sebagai pelengkap saja, semestinya berlomba-lomba menjadi yang terbaik.

Acara Benteng Art Festival yang menampilakan kemasan Budaya yang baru-baru ini  selesai juga terlihat tidak dikemas dalam bentuk yang apik, spektakuler dan hanya menjadi agenda rutin tahunan sekedar formalitas kedinasan saja.

 

Beda dengan festival-festival budaya di kota dan kabupaten yang lainnya di Provinsi Banten. Masing-masing peserta benar-benar berlomba untuk menunjukkan kretifitas masing-masing (misalnya seperti festival Jember) dan kalau di Kota Tangerang di dinas tertentu yang mengadakan perihal tersebut hanya berpihak kepada golongan tertentu.

Melihat dari event yang ada sebelumnya tidak dikemas secara matang dan yang terlibat penuh orang dinas yang tidak faham sejatinya peran seni dan budaya. Kedepannya dinas yang terkait dalam memajukan seni budaya harus bisa meningkatkan potensi untuk destinasi wisata yang tidak hanya melulu sebagai formalitas kedinasan.

Forum-forum yang ada dalam unsur seni budaya kurang mendukung dan kurang jeli melihat bakat-bakat yang belum di akomodir, terlebih lagi tidak berfungsinya Dewan Kesenian Kota Tangerang. Semoga kedepannya di Kota Tangerang lahir potensi semangat muda dalam mengembangkan seni dan budaya yang melahirkan perjuangan untuk terwujudnya Kota Tangerang sebagai kota yang tidak hanya penuh dengan mall dan apartemen tapi juga mempunyai kearifan lokal sebagai salah satu potensi wisata. (LLJ)
*Dodi Gunawan ; penggiat seni di Kota Tangerang.

Copyright @2016 FBn