Gelar PKD se-Provinsi Banten, Begini Cara PMII UNIBA Perkokoh Kebangsaan

0
201

Serang,fesbukbantennews.com (11/12/2017) – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Bina Bangsa (Uniba) Banten sukses gelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) se-Provinsi Banten yang berlangsung sejak 6 hingga 10 Desember 2017 di Gedung YAN Banten, Kota Serang. Kegiatan kaderisasi tingkat dua ini bertujuan untuk mencetak kader mujahid sebagai benteng penjaga empat pilar kebangsaan.

PKD se-Provinsi Banten PMII.

Muhammad David, Ketua Komisariat PMII Uniba Banten mengatakan, tanpa harus mengesampingkan materi pokok kaderisasi peserta didorong agar selalu bepegang teguh pada ajaran Islam Ahlussunah Wal Jama’ah yang berkomitmen terharap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita orang Islam yang tinggal di Indonesia, jadi peran terhadap negara harus didasari rasa cinta tanah air,” kata David, Minggu, (10/12/2017).

Lanjut dia, bahwa saat ini Indonesia mengalami desentegrasi antar bangsa, satu sama lain saling mengklaim paling benar dan paling Islam dan bahkan paling Indonesia. Menurutnya klaim kebenaran individual itu hanya akan melahir perpecahan bangsa.

“Bahkan bisa melahirkan kelompok ekstrem yang menjadikan agama sebagai tameng,” sambungnya.

Karena itu, PMII Uniba Banten mengajak para peserta yang mengikuti kegiatan itu agar bersama menjaga kampusnya dari ancaman radikalisme dan terorisme yang bertentangan dengan konsensus berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan akidah agama, dan tak akan menggantikan akidah agama manapun. Tapi ia dasar hidup bersama sebagai bangsa,” tuturnya.(pred/LLJ)