Fierly : Partisipasi Pemilih di Kota Serang 82,08 Persen, Lampaui Target KPU RI

0
197

Serang,fesbukbantennews.com (8/5/2019) – KPU Kota Serang telah merampungkan proses rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di tingkat Provinsi Banten, Rabu 8 Mei 2019. Dari produk rekap berupa Model DB.1 dapat diketahui tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Serang melebihi target partisipasi yang dicanangkan KPU RI sebesar 77,5 persen.

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly MM.

Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly Murdlyat Mabrurri menjelaskan, berdasarkan hitungan, tingkat partisipasi pemilih di Kota Serang mencapai 82,08 persen . Jumlah itu diperoleh dari hitungan pembagian jumlah pengguna hak pilih dengan sumber data pemilih. Baik itu pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Dari ketiga kategori pemilih itu (DPT, DPTb, dan DPK –red), sumber data yang tercatat sebanyak 487.113 pemilih. Sementara yang datang ke TPS dan menggunakan hak pilih sebanyak 399.840 pemilih. Antusiasme pemilih ini terjadi karena banyak fakor, di antaranya soal figur capres cawapres serta profil caleg yang diusung masing-masing parpol. Ditambah dengan banyaknya calon perseorangan anggta DPD RI.

Hal lain strategi sosialisasi yang kami tempuh juga cukup efektif, seperti tatap muka dengan elemen masyarakat, talkshow di sejumlah radio, hingga menggagas kegiatan goes to school untuk menggaet pemilih pemula,” kata Fierly, usai menghadiri rapat pleno KPU Provinsi Banten.

Fierly menjelaskan, jika ditilik perkecamatan, maka Kecamatan Curug berada pada posisi tertinggi pada kategori partisipasi pemilih. Yakni mencapai 85,04 persen. Berikutnya Kecamatan Kasemen sebesar 83,21 persen, Kecamatan Walantaka sebesar 83,07 persen, Kecamatan Cipocok Jaya sebesar 82,55 persen, dan Kecamatan Taktakan sebesar 82,32 persen. Sementara tingkat partisipasi terkecil yakni Kecamatan Serang, yaitu sebesar 79,27 persen.

“Meskipun terkecil dibandingkan dengan kecamatan lain, tetap saja partisipasi di Kecamatan Serang melebihi target nasional. Ini yang harus kami syukuri,” kata Fierly seraya menjelaskan, selepas rapat pleno di KPU Banten, pihaknya mulai fokus terhadap identifikasi masalah yang mungkin muncul pada tahapan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Divisi Sosdiklih dan SDM KPU Kota Serang Fahmi Musyafa menuturkan, tingkat partisipasi itu ditopang oleh kinerja seluruh komponen penyelenggara pemilu, ditambah akselerasi dari 25 orang Relawan Demokrasi (Relasi) yang direkrut KPU Kota Serang.

“Dengan segala ketulusan hati, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. Apresiasi juga kami sampaikan kepada TNI dan Polri yang sangat solid dalam menjaga kondusifitas keamanan di Kota Serang selama tahapan pemilu berlangsung,” kata Fahmi. (Gies/ LLJ)