Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Festival Durian Banten Perdana Meriah, PNS Pun Rela Bolos

Festival Durian Banten Perdana Meriah, PNS Pun Rela Bolos

Serang, fesbukbantennews (8/4/2015) – Untuk kali pertama, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) menggelar Festival Durian Lokal Banten. Bertempat di halaman kantor distanak di KP3B Curug, Kota Serang,Selasa (7/4/2015) kemarin.

Festival Durian Banten I (LLJ)

Festival Durian Banten I (LLJ)

Acara yang menghadirkan berbagai jenis durian asli Banten ini ramai dikunjungi.Bahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun rela bolos demi menikmati durian.
Acara Festival Durian Lokal pertama kali dilakukan di Banten. Tujuannya untuk mengidentifikasikan ciri khas buah durian yang berasal dari kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.
“Dinamakan festival durian lokal ini ajang perdana agar lebih dikenal lagi komunitas-komunitas durian yang ada di Banten,” kata Kepala Distanak Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati di sela-sela acara, Selasa (7/4/2015).
Ia mengungkapkan, bahwa dengan digelarnya kontes festival durian lokal bukan merupakan agenda besar. Akan tetapi, hanya upaya untuk memulai rutinitas pariwisata yang nantinya akan digelar secara rutin. “Memang sedikit telat karena musim durian sudah hampir habis, tapi semoga kedepannya bisa dimulai lebih awal,” ungkapnya.
Pada Festifal Durian ini juga, digelar kontes festival durian lokal, serta bazar aneka olahan pakan durian, bibit unggul durian dimana agenda yang dikemas secara sederhana bersama komunitas durian bisa menarik minat masyarakat luas.
“Karenanya Banten memiliki durian unggulan lokal, baik dari durian dari Pandeglang, Lebak, Serang yang dengan begitu bagaimana kita bisa mengidentifikasikan, mengembangkan, menjadikannnya betul-betul bukan hanya melestarikan namun mengembangkannya lebih luas lagi,” jelasnya.
Dengan begitu, saat digelarnya festival durian cenderung pada hari-hari yang akan datang ketika masyarakat mencari durian unggul lokal tidak sulit untuk mencari lokasinya dimana durian itu ada.
Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura pada Distanak Provinsi Bante, H Asep Mulya menyatakan yang pasti tujuan dieglar festival durian lokal pihaknya berharap ingin mengembangkan dan mengenalkan buah lokal durian kepada masyarakat luas baik nusantara maupun luar negeri.
“Kemudian yang kedua kita ingin menunjukan bahwa Banten punya festival. Karena Banten dikenal dengan daerah sejuta kadu (durian). Jangan sampai kita ada nama, namun tidak ada buahnya,”katanya.
Bahkan , ajang yang pertama kali digelar di Banten tersebut, membuat ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS), rela membolos demi menyaksikan acara yang bertempat di kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Banten tersebut.
Sari (25), seorang PNS yang bekerja di Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten, mengaku sengaja  meninggalkan pekerjaanya demi nonton  festival durian.
“Sengaja kesini demi makan durian, kan jarang-jarang acara  begini, ada semua durian khas Banten, makanya sayang kalo ditinggalin,” kata Sari sembari melahap durian Cilowong.
Hal senada juga dilakukan Nadia (26), PNS dari Dinas Pendidikan itu  mengaku sengaja datang demi menikmati berbagai macam durian yang ada di Banten. “Kantor saya kerja dekat, jadi nyempetin kesini,” katanya.(LLJ).

Copyright @2016 FBn