Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Ekspedisi Pesisir Banten Etape I; Warga Keluhkan Pencemaran Sungai Cirarab
Tim Ekspedisi Pesisir Banten Berpose di Depan Kantor Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang

Ekspedisi Pesisir Banten Etape I; Warga Keluhkan Pencemaran Sungai Cirarab

Tangerang, fesbukbantennews.com (16/9/2016) -Etape pertama Tim Ekspedisi Pesisir Banten tiba di wilayah Kabupaten Tangerang, setelah dari Pantai Dadap, singgah di Kecamatan Mauk memenuhi undangan aktivis lingkungan, nelayan dan warga sekitar yang menginginkan diskusi dan berbagi pengalaman.

Tim Ekspedisi Pesisir Banten Berpose di Depan Kantor Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang

Tim Ekspedisi Pesisir Banten Berpose di Depan Kantor Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang

Dalam diskusi yang dimulai sejak pukul 18.30 – 01.30 wib tersebut, tim menerima banyak keluhan tentang kondisi lingkungan di sungai Cirarab yang tercemar yang diduga dilakukan banyak pabrik. Diantara Pabrik Kopi Torabika.

“Berdasarkan hasil survey kami dan juga wawancara warga sekitar sungai Cirarab, banak warga yang kulitnya gatal-gatal dan budug akibat melakukan aktivitas di sungai Cirarab tersebut,” kata Adi, pengurus LSM Peduli Lingkungan di Kabupaten Tangerang, HIMAPUTRA, Kamis (15/9/20016) malam.

Bahkan, ungkap dia, dirinya melihat langsung, bagaimana limbah yang diduga beracun keluar dari pipa-pia pabrik dan mencemari sungai Cirarab.
“Saya lihat langsung, bagaimana limbah dari pabrik tersebut kelua dari pipa pabrik, masuk ke anak sungai Cirarab, lalu masuk ke sungai Cirarab, ” ungkapnya.

Sementara, Abil, pemuda aktivitas lingkungan dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya berharap supaya pemerintah terkait memperhatikan pencemaran tersebut. Sebab sudah puluhan tahundiduga melakukan pencemaran. Dan sudha banyak merugikan masyarakat.

“Kita sudah berulangkali meminta kepada pemerintah, provinsiingga pusat, namun hingga saat ini pencemaran tettap berlangsng,” katanya.

Bahkan, tegas Abil, dana CSR dari pabrik-pabrik yang mencemari sungai Ciraran pun tidak jelas penyalurannya.”kita pernah minta ke perusahaan mengenai penyaluran dana CSR, tapi tidak diberikan, ” tegasnya.

Mereka berharap Tim Ekspedisi Pesisir Banten dapat memfasilitasi keinginan warga Mauk yang memimpikan sungai Cirarab bersih. (LLJ).

#EkspedisiPesisirBanten

Copyright @2016 FBn