Dosen LPTK Harus Kuasai Iptek dan Keterampilan

0
288

Serang,fesbukbantennews.com (3/3/2016)– Dosen LPTK perlu memahami perannya dalam mendidik mahasiswa yang menjadi calon guru demi pendidikan berkualitas. Hal ini disampaikan Rektor UNTIRTA, H. Sholeh Hidayat., (02/3)  yang hadir dalam pertemuan konsorsia LPTK Provinsi Banten dengan USAID PRIORITAS. Dia berkata, “Dosen LPTK diharapkan menguasai dua hal ini. Satu, menguasai IPTEK yang dibelajarkan. Dan kedua, menguasai ketrampilan membelajarkan.”

Perwakilan sejumlah LPTK tampak mengikuti arahan dari Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad.  
Perwakilan sejumlah LPTK tampak mengikuti arahan dari Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS, Rifki Rosyad.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNTIRTA mendorong dosen LPTK agar dapat menyebarluaskan dampak dan manfaat program USAID PRIORITAS kepada dosen-dosen lain. “Saya berharap modul yang sudah dilatihkan dapat didiseminasikan agar menjangkau lebih banyak lagi dosen-dosen LPTK. Karena kita bertanggungjawab penuh terhadap pendidikan di Banten,” katanya sekali lagi di hadapan sejumlah perwakilan dari UNTIRTA, IAIN SMH, UNBAJA, UMT, UNMA, dan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.

Sejalan dengan itu, tampak Kabid Penma Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. Machdum Bachtiar, yang menyampaikan peningkatan kompetensi guru madrasah di provinsi Banten. “LPTK berpeluang besar bersama USAID PRIORITAS dalam mencetak guru-guru madrasah berkualitas,” katanya. Ada 59 KKM yang tersebar di Banten, dia berharap berbagai pelatihan dapat terus disebarluaskan ke madrasah non mitra. Dia juga menegaskan permasalahan pendidikan yang dihadapi di Banten seperti kompetensi guru, kualifikasi sekolah hingga tata kelola dapat diatasi segera melalui peran lembaga donor seperti USAID PRIORITAS.

Terhitung dalam kurun waktu setahun, diseminasi modul LPTK telah berhasil dilakukan kepada ratusan mahasiswa calon guru di IAIN SMH Banten dan sejumlah dosen STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Nana Jumhana, Wadek I FTK IAIN SMH mengatakan pelatihan diseminasi tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon guru melalui pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG). Selain itu, rencana diseminasi akan dilakukan kepada dosen lain sehingga menularkan gairah positif dan inovasi pembelajaran.

Selain mereviu berbagai program kerjasama dan koordinasi LPTK USAID PRIORITAS Banten, pertemuan konsorsia LPTK ini juga membahas rencana unjuk karya praktik yang baik sekolah mitra LPTK. Acara showcase akan menampilkan dampak dan perkembangan program USAID PRIORITAS yang diadakan pada 20 April mendatang.(usaid/LLJ)