Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Dompet Dhuafa : Kurban Tahun Ini, Cicil Beli Hewannya dari Sekarang

Dompet Dhuafa : Kurban Tahun Ini, Cicil Beli Hewannya dari Sekarang

Serang,fesbukbantennews.com (18/3/2016) — Hari raya Idul Adha atau hari raya Idul Kurban memang masih lama. Namun, untuk memfasilitasi calon pekurban, lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa telah membuka layanan cicilan kurban jauh-jauh hari sebelum Idul Adha datang.

Customer Relationship Management Officer Dompet Dhuafa Banten, Fatahillah .(ist)

Customer Relationship Management Officer Dompet Dhuafa Banten, Fatahillah .(ist)

 

Dengan program ini, setiap muslim dipersilakan mencicil hewan kurban sejak setahun sebelum hari raya Idul Adha.

 

“Biasanya yang sudah tetap berkurban lewat kami, akan ditawari program cicilan ini,” kata Customer Relationship Management Officer Dompet Dhuafa Banten, Fatahillah, Kamis (17/3/2016).

 

Besarnya cicilan yang bisa disetorkan calon pekurban disesuaikan dengan kemampuan masing-masing calon pekurban.

 

“Harga pasti hewan kurban akan kami tetapkan sebulan menjelang Idul Adha nanti. Estimasi harga tidak jauh berbeda dengan harga tahun kemarin,” kata Fatah.

 

Menurut Fatah, program cicilan hewan kurban itu untuk memudahkan umat muslim yang ingin berkurban. Ada pun saat ini, kata Fatah, untuk muslim yang ingin berkurban lewat Dompet Dhuafa secara tunai pun telah dilayani. Calon pekurban tinggal mengisi formulir kelengkapan data di kantor Dompet Dhuafa Banten, Kota Serang.

Tahun lalu, kata Fatah, Dompet Dhuafa Banten menghimpun 69 hewan kurban jenis kambing dan domba, dan 4 ekor sapi.

 

Aktivitas penyebaran hewan kurban tersebut akan bergulir melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) yang sudah bergulir sejak 1994 dan tahun ini memasuki penyelenggaran yang ke-24.

 

“THK menjadi puncak panen para peternak lokal mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa. Sebab pasokan ternak program THK berasal dari 49 mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia,” tutur Fatah.

 

Melalui program THK, daging kurban dapat terdistribusi setidaknya ke 17 provinsi di seluruh Indonesia di 182 kabupaten, 469 kecamatan, dan 1.166 desa kepada masyarakat yang kurang beruntung. Sebagaimana salah satu gagasan program di awal bergulir, agar daging kurban tidak menumpuk di kota-kota besar.

“Daerah-daerah yang menerima penyaluran hewan kurban THK mayoritas diterima masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok Nusantara, rawan gizi, terbelakang, miskin, daerah yang terkena bencana dan kerusuhan, wilayah berbatasan dengan negara tetangga, kawasan dalam pegunungan, pesisir pantai, hingga pulau terluar dalam negeri ini,” paparnya.

 

Daerah-daerah di Nusantara yang menjadi wilayah distribusi THK antara lain Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, dan NTT.

 

Selain Dalam Negeri, Dompet Dhuafa juga menyalurkan hewan kurban ke Mindanau, Filipina, dan Gaza, Palestina. (LLJ)

Kiriman: Setiawan C

Copyright @2016 FBn