Dompet Dhuafa Buka Donasi Bale untuk Lombok

0
221

Serang, fesbukbantennews.com (7/8/2018) – Dompet Dhuafa berinisiatif untuk membangun kembali bale (rumah) masyarakat sebagai respons darurat pascagempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahad (5/8) pukul 19.46 WITA. BMKG sempat merilis gempa berkekuatan 7.0 SR itu berlokasi di 8.37 LS, 116.48 BT dengan kedalaman 15 km tersebut berpotensi terjadinya tsunami.

Aktivitas relawan Dompet Dhuafa menangani gempa Lombok.

Donasi Bale untuk Lombok dapat disalurkan melalui rekening BCA 245.4000.551 atau BSM 146.006.4444 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa. “Sebagai lembaga kemanusiaan internasional mengetuk sahabat untuk membantu para korban gempa bumi Lombok,” kata Manager Pemulihan dan Lingkungan Dompet Dhuafa Syamsul Ardiansyah, Ahad (5/8).

Selain itu, Dompet Dhuafa akan melakukan penanganan respons bencana di lokasi terdampak. Penangan itu di antaranya evakuasi korban, menerjunkan dokter, tenaga medis, dan obat-obatan. Ketika terjadi gempa, ia menjelaskan, warga yang masih mengungsi di tenda dan posko pengungsian kembali panik. Banyak dari warga yang kehilangan rumah yang ribu akibat gempa.

“Mereka yang masih trauma, kembali dilanda ketakutan,” kata dia.

Saat ini, Dompet Dhuafa terus memberikan makanan siap saji yang dibuat melalui Dapur Keliling (Darling). Menurut dia, lokasi Darling Dompet Dhuafa yang berada di Sembalun, Lombok Timur, juga berfungsi menerjunkan relawan @ddvolunteer ke lokasi-lokasi terdampak.

Ia menambahkan, Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang tengah berada di lokasi gempa di Kecamatan Sembalun Lombok Timur dan Lombok Utara saat ini sedang melakukan penanganan. “Di Sembalun, listrik padam, dan warga kembali keluar dari rumah dan mengungsi ke tenda pengungsian,” kata dia.

Berdasarkan laporan tim DMC di Lombok Utara, terdapat beberapa korban luka yang telah dibawa ke RSUD Tanjung, Lombok Utara. Tim DMC, lanjutnya, juga ikut melakukan evakuasi warga yang masih terjebak di reruntuhan.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberi perlindungan bagi warga Lombok dan sekitarnya yang tengah dilanda bencana gempa bumi. Amiin ya rabbal alamiin,” ujar dia.

Sementara itu, Dompet Dhuafa Cabang Banten membuka sinergi penyaluran bantuan kepada seluruh organisasi dan perusahaan di Banten untuk Lombok.

“Saat ini kami hadir di GIIAS 2018. Masyarakat bisa tunaikan donasi di stand Dompet Dhuafa. Kami juga hadir di sejumlah mall di Kota Serang dan Cilegon. Mari bantu ringankan beban korban gempa Lombok,” ajak Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman yang saat ini terus berkordinasi dengan tim Dompet Dhuafa di Lombok. (LLJ)