Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Dompet Dhuafa Banten Siap Salurkan Bantuan untuk Rohingya
Posko Dompet Dhuafa di Pengungsian Rohingya.

Dompet Dhuafa Banten Siap Salurkan Bantuan untuk Rohingya

Serang,fesbukbantennews.com. (26/11/2016) – 13 November 2016, api membakar rumah- rumah. Sepasukan loreng terlatih meratakan desa. Setidaknya 69 jenazah bergelimpangan, laki-laki, perempuan, bahkan anak-anak. Etnis Rohigya di Rakhine, Myanmar, kembali dirundung duka.

Posko Dompet Dhuafa di Pengungsian Rohingya.

Posko Dompet Dhuafa di Pengungsian Rohingya.

“Ini bukan bencana alam. Ini pembersihan etnis secara luas dan sistematis,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurraman Usman, Kamis (24/11/2016).

Di tengah tragedi yang menimpa, Dompet Dhuafa (DD) kembali membuka gerakan kemanusiaan untuk membantu etnis Rohingya. Dompet Dhuafa akan fokus membantu anak-anak korban kekerasan. Bantuan tersebut akan difokuskan di bidang pendidikan. Dompet Dhuafa juga akan menyalurkan bantuan senilai Rp 1 miliar kepada para korban konflik.

“Terlepas dari isu agama, secara kemanusiaan, saudara kita dari etnis Rohingya harus dibantu. Untuk tahap awal, akan dikirim bantuan logistik makanan untuk pengungsi, terutama perempuan dan anak-anak akan segera disalurkan,” tutur Usman.

Usman menyampaikan, saat ini, Dompet Dhuafa juga sedang melakukan kampanye publik bertajuk Humanesia untuk penyadaran kepada masyarakat Indonesia dan dunia, bahwasanya isu kemanusiaan Rohingya merupakan isu bersama.

“Kita terus melakukan advokasi kemanusiaan dan mempersiapkan program respons di bawah koordinasi UN. Kita akan desak pemerintah Myanmar agar membuka akses bagi aktivis kemanusiaan termasuk jurnalis agar bisa memberikan bantuan dan menyampaikan informasi terkini di sana,” sambungnya.

Sejauh ini, Dompet Dhuafa telah memiliki mitra jaringan kerja di Myanmar yang membantu menyalurkan amanah masyarakat Indonesia melalui Dompet Dhuafa. Mereka telah membantu mengimplementasikan bantuan di wilayah Rakhine, yakni wilayah tempat tinggal etnis Rohingya.

“Dalam waktu dekat, relawan-relawan Dompet Dhuafa juga akan diberangkatkan ke Myanmar untuk memperkuat tim relawan lokal yang sudah ada di sana,” kata Usman kemudian.

Usman mengajak segenap masyarakat dunia, khususnya masyarakat Banten untuk ikut membantu dalam gerakan ini.

“Sebagai sesama manusia, lebih-lebih sesama Muslim, sepatutnya kita turut membantu baik berupa meteri maupun doa. Rohingya adalah keluarga kita,” tutupnya. (*)

​—​

Rekening kemanusiaan #SaveRohingya:
BCA 245.4000.551
Bank Mandiri Syariah 146.006.4444
a.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Konfirmasi dan Jemput Donasi: 0859 6655 3585 atau akses bit.ly/StandWithRohingya.(LLJ)

Copyright @2016 FBn