Diresmikan Kapolri, Polda Banten Naik Tingkat Jadi Tipe A

0
216

Serang, fesbukbantennews.com (6/12/2018) – Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menyerahkan petaka Polda Banten ke Kapolda Banten, Brigjen Tomia Tohir, sebagai tanda kenaikan tipologi, dari Tipe B yang dipimpin oleh Brigjen, Menjadi Tipe A dan akan dipimpin oleh Irjen.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (paling depan ) di Mapolda Banten pada acara peresmian tipologi Polda Banten dari B ke A.

“Bahwa hari ini, baru saja saya serahkan pataka Polda Banten, yang menandakan kenaikan tipologi, dari Polda tipe B menajdi tipe A,” kata Jenderal Tito Karnavian, Kapolri, dalam sambutannya di Mapolda Banten, Kamis (06/12/2018).

Banten memiliki catatan panjang untuk memiliki sebuah Polda. Sekitar tahun 2000’an, saat itu Banten baru saja berdiri dan baru ada Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dengan pusat komandonya ada di Polda Jawa Barat (Jabar).

Kemudian sekitar tahun 2005, berdirilah Polda Banten dengan Tipe C. Kapolda dan Wakapoldanya berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

“Saya sendiri waktu itu menjadi Kapolres di Serang. Unik juga waktu itu ditahun 2005, Kapolda nya Kombes, Wakapolda nya Kombes, saya sendiri Kombes. Kemudian naik menjadi tipe B, bintang satu,” terangnya.

Meski telah menjadi Tipe A, Polda Banten baru memiliki enam Kepolisian Resort (Polres), yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, dan Polresta Tangerang di wilayah Kabupaten Tangerang.

Dua polres lagi yang belum bergabung dibawah Polda Banten dan masih dibawah Polda Metro Jaya (PMJ), yakni Polres Tangsel dan Polres Metro Tangerang di Kota Tangerang.

“Setelah diskusi panjang, akhirnya Polres Kabupaten Tangerang masuk ke Polda Banten. Duanya lagi, menunggu Kapolda nya bintang dua,” jelasnya. (LLJ).