Dilantik Presiden, WH-Andika Resmi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten

0
209

Jakarta,fesbukbantennews.com (12/5/2017) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melantik Wahidin Halim-Andika Hazrumi (WH-Andika) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022. Pelantikan secara istimewa bertempat di Istana Negara, Jakarta pada Jum’at, 12 Mei 2017 pukul 15.30 WIB.

Presiden RI Jokowi berjabatan tangan dengan Wagub Banten Andika Hazrumy.

Pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dilakukan serentak dengan 4 pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya yaitu, Gorontalo, Papua Barat, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat, serta Wakil Gubernur Riau terpilih sisa masa jabatan 2014-2019.

Wahidin Halim dan Andika Hazrumi dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 52/P/ Tahun 2017 tentang pemberhentian penjabat Gubernur Banten dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten masa jabatan tahun 2017-2022.

Ditemui usai pelantikan, Wahidin Halim mengaku akan langsung turun ke masyarakat. Dia ingin memenuhi janjinya pada saat kampanye dahulu untuk mewujudkan visi misinya selama lima tahun kedepan.

Mantan anggota DPR RI ini mengusung visi “Banten yang Maju, Mandiri, Berdaya Saing, Sejahtera dan Berakhlakul Karimah”

Misi Wahidin-Andika meliputi:

 

1. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

 

2. Membangun dan meningkatkan kualitas infrastruktur.

 

3. Meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan berkualitas.

 

4. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan berkualitas.

 

5. Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Visi misi di atas dijabarkan dalam prioritas program yang diuraikan secara rinci. Mulai dari penerapan e-planning, e-monev, e-budgeting, pembangunan 2.016 ruang kelas baru/168 unit sekolah untuk jenjang SMA dan SMK, pembangunan rumah sakit umum menjadi rumah sakit rujukan regional, pembangunan 273.000 meter ruas jalan provinsi yang rusak total 852.000 meter, hingga penciptaan iklim investasi.

Dari pantauan, acara pelantikan yang dilaksanakan di Istana Negara dengan keamanan yang super ketat. Bahkan sebelum masuk ke ruangan, harus melakukan beberapa kali pemeriksaan.

Dari Banten tamu undangan yang hanya bisa masuk ke ruangan pelantikan hanya Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan, Sekda Banten Ranta Soeharta, Istri Wahidin Halim dan Istri Andika Hazrumi, dan beberapa keluarga serta kerabat kedua pasangan, Danrem 064/MY, Ketua KPU Banten dan Bawaslu Banten.

Setelah dilakukan pelantikan, rencananya Pemprov Banten akan menggelar acara serah terima jabatan yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 15 Mei 2017 mendatang di Pendopo Gubernur Banten, di KP3B, Curug Kota Serang.(HmsBanten/bkanADV/LLJ)