Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Diikuti 5000 Santri Se-Indonesia, Banten Dipilih Jadi Tuan Rumah Pospenas 2016

Diikuti 5000 Santri Se-Indonesia, Banten Dipilih Jadi Tuan Rumah Pospenas 2016

Serang,fesbukbantennews (28/3/2015) –  Provinsi  Banten dipilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (POSPENAS) VII Tahun 2016 mendatang oleh pemerintah pusat. Kepastian ini didapat setelah Panitia Kerja Tetap Nasional (Panjatapnas) memberikan Surat Keputusan (SK) Tuan Rumah dari Kemenko BPM RI, di  Ruang Rapat Setda, KP3B, Jumat (27/3).

Sekda Banten terima SK Pospenas 2016.(foto: humas Banten)

Sekda Banten terima SK Pospenas 2016.(foto: humas Banten)

Penyerahan SK diberikan oleh Deputi Kemenko BPM  kepada Sekda Banten Kurdi Matin disaksikan oleh Asda III Sumawijaya, Kadispora Banten Opar Sochari.

 

Menanggapi hal ini, PemerintahProvinsi Banten menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016 mendatang.

 

“Banten dipilih menjadi tuan rumah Pospenas setelah menyisihkan Provinsi Sumatera Selatan, ini hasil dari penilaian yang dilakukan tim kerja dari beberapa kementrian. Banten dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Pospenas dikarenakan dilihat dari berbagai aspek, diantaranya sudah memiliki fasilitas yang menunjang untuk pelaksanaan, selain itu letak Provinsi Banten yang strategis dekat dengan bandara,” kata Sekda.

 

Sekda mengatakan, selain faktor diatas, ada beberapa pertimbangan lainnya yang memberikan poin lebih Banten layak jadi tuan rumah event olah raga santri tersebut.

 

“Banten memiliki sejarah yang kaitannya dengan Pondok Pesantren, karena pondok pesantren yang ada di Banten jumlahnya sangat banyak,” terangnya.

 

“Dilihat dari anggaran, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu kebutuhannya, karena kita harus melakukan tahapan-tahapannya, jadi harus benar-benar menghitung,” tambahnya.

 

 

Sementara itu, Ketua Tim Vistitasi Panitia Kerja Tetap Nasional Pospenas VII Syahlan menyarankan agar dalam pelaksanaan Pospenas nanti bisa berjalan dengan lancar dan tidak melupakan kegiatan Pospeda Banten sendiri. Menurutnya, Event nasional antar pondok pesantren tersebut akan diiukuti oleh sekitar lima ribu santri dari seluruh Indonesia.

 

“Dengan diterimanya SK Pospenas ini, Banten harus mulai melakukan persiapan-persiapan untuk pelaksanaannya.

 

Selain itu, Kementerian Agama juga mengucurkan dana sebesar Rp15 miliar untuk ini. “Anggaran tersebut sebagai dukungan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agam Adi Mohsen.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Opar Sohari mengaku belum mengetahui anggaran yang disiapkan Pemprov Banten sendiri, untuk menggelar acara ini. “Karena SK nya aja baru turun sekarang, jadi harus dianggarkan pada tahun 2016 nanti” ujar Opar. Ia  mengatakan, Pospenas tersebut akan digelar pada bulan Juli 2016 mendatang.

 

Perlu diketahui, Pekan Olahraga dan Seni antar-Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VII tahun 2016 akan mempertandingan 10 cabang olah raga, diantaranya atletik, bola basket, bola volley, bulu tangkis, futsal, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, senam santri dan hadang. Sementara  9 cabang seni diantaranya qosidah, hadrah, stand up comedy, pidato tiga bahasa, seni lukis islami, cipta puisi, kaligrafi, kriya dan fotografi islam. Event ini sendiri atas kerjasama enam kementrian, diantaranya Kementrian Agama, Kemendikbud, Kemenpora, Kemendagri, dan Kemenpar dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.(hmsbtn/LLJ)

Copyright @2016 FBn