Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Di Banten, Tingkat Donor Darah dari Generasi Muda Rendah

Di Banten, Tingkat Donor Darah dari Generasi Muda Rendah

Serang,fesbukbantennews.com (26/11/2015) – Tingkat donor darah dari generasi muda di Banten masih dibawah harapan. Akibatnya kebutuhan┬ádarah di Banten dalam setiap tahunnya sulit tercapai.

PMI Banten sosialisasi donor darah.

PMI Banten sosialisasi donor darah.

“Padahal idealnya tingkat pendonor itu dua sampai tiga persen dari jumlah wilayah. Jika penduduk banten saat ini diasumsikan 11 juta saja, maka seharusnya ada sekitar 220.000 kantong kebutuhan darah di Banten setiap tahunnya,” ujar ketua Forum donor darah provinsi Banten David sidabutar, dalam sosialisasi donor darah dengan tema, Yang Muda Saatnya Berdonor arah di aula PMI Kalodran Kota Serang, Kamis (26/11/2015).

David menjelaskan, untuk mendorong minat para pemuda untuk aktif dalam mendonorkan darahnya, perlu dilakukan berbagai upaya. Salah satunya yakni dengan melakukan sosialisasi melalui media yang hari ini dilaksanakan. Mudah-mudahan melalui media ini nantinnya informasinya bisa diterusskan.

“Beberapa negara sudah sejak dini di sekolah dasar, sudah mulai dikenalkan terkait donor darah. Bahkan di Jepang anak setingkat SMP atau kelas 7-9 kalo di kota, sudah diajarkan tentang cek darah dan sebagainya,”tutur David

Saat ini, lanjut David, Banten baru mampu menghasilkan darah sebanyak 40-50 persen dari jumlah kebutuhan darah. Ini disebabkan masyarakat belum sepenuhnya memahami akan pentingnya berdonor.

“Menarik minat pendonor di Banten ini masih sulit. Meski diakui silosialisasi sudah dilakukan oleh PMI yang ada di kabupaten dan kota. Apalagi ada 2 moment yang sulit lagi menarik pendonor. Karena bulan-bulan tertentu jumlahnya meningkat tapi pendonor semakin berkurang seperti pada akhir tahun dan saat bulan puasa. Sehingga stok darah pada 2 moment ini stok darah sampai berkurang higgga 70 persen,” terangnya.

Sedangkan jika dilihat dari jenisnya, golongan darah A merupakan jenis golongan darah yang sulit didapat . Hal ini lantaran peminatnya banyak, tapi yang donor justru sedikit.
“Ada yang unik di Banten inj yakni langka untuk darah A, karena pendonornya sedikit tapi penggunamya banyak. Sementara untuk golongan O pendonornya dan penggunanya banyak, golongan AB seimbang antara pendonor dan peminatnya,”tukas David. (dhyieng/LLJ)

Copyright @2016 FBn