Dengan Darul Arqam Diharapkan Kader IMM Religius,Intelektual dan Humanis

0
1090

Pandeglang,fesbukbantennews.com (11/12/2015) – Dalam rangka menciptakan kader-kader yang Religius, Intelektual, dan Humanis, Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa muhammadiyah (PK IMM) STAI Babunnazah, Pandeglang menggelar Darul Arqam DasarĀ (DAD). Dari hari Kamis (10/12/2015) hingga Sabtu (12/13/15).

Darul Arqam PK IMM Staibana.
Darul Arqam PK IMM Staibana.

Dalam kegiatan pengkaderan yang bertemakan ” Kaderisasi amar ma’ruf nahin mungkar dalam mencetak insan yang berkemajuan”, diharapkan menciptakan Kader Militan dengan Menerapkan Trilogi IMM” kata Immawan Dani selaku ketua pelaksana, Kamis (10/12/2015).

Dani menjelaskan, Darul Arqam adalah bagian utama sistem perkaderan IMM yang diselenggarakan dalam kesatuan waktu tertentu dan berjenjang. Nama Darul Arqam asalnya berarti rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibnu Abil Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Sebagai tempat perkaderan Islam di masa-masa pertama.

“Dari Darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibnu Thalib, Aisyah, dan lainĀ¬-lain. Darul Arqam Dasar (DAD) Yaitu perkaderan utama tingkat pertama dari tiga tingkat perkaderan, dan merupakan prasyarat bagi calon pimpinan IMM tingkat Komisariat,” kata Dani.
Sementara, menurut pimpinan Komisariat IMM STAI Babunnazah Iim Wardianto, pihaknya berharap kepada para peserta DAD agar iklas dalam mengikuti kegiatan perkaderan ini, agar dalam mencapai trilogi kader imm dapat terealisasi sesuai dengan harapan.

“adapun Trilogi IMM yakni: 1. Religiusitas – Sebagai organisasi kader yang berisikan nilai- nilai keagamaan, menjadikan Islam sebagai idealitas sekaligus jiwa yang menggerakan. 2. Intektualitas – IMM berproses untuk menjadi pusat-pusat unggulan terutama dalam hal intektual, diharapkan kader-kader ikatan, mampu menjadi ide-ide pembaharuan dan pengembangan. 3.Humanitas – Perubahan tidak dapat terwujud hanya dengan segudang konsepsi. Yang tak kalah pentingnya adalah perjuangan untuk mewujudkan idealitas (manifestasi gerakan). Kader IMM harus senantiasa berorientasi objektif, agar idealitas dapat diwujudkan dalam realitas”. Ungkap Iim.

Immawan Iim Menambahkan sejatinya setiap orang hendaknya menyiapkan segala sesuatunya, agar apa yang ingin di capai mampu terwujudkan. “mengikuti kegiatan perkaderan seperti ini, adalah salah satu bentuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, maka dari itu perlu mengorbankan hal-hal yang menyenangkan di luar sana, agar penataan masa depan dapat di wujudkan. ujar Iim

Sedanggkan, H. Uci Masruci selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pandeglang mengatakan ia mengajak kepada seluruh peserta DAD agar berfastabiqul khairat di lingkungan masyarakat, sebagai wujud peran serta mahasiswa dalam melakukan perubahan di lingkungan masing-masing, agar peradaban manusia yang sempurna mampu untuk di wujudkan dalam kenyataan.

“Hal tersebut dapat tercapai dengan menerapkan ajaran islam yang paling pokok, yakni memperkuat iman, memperkokoh ibadah, merealisasikan dalam kenyataan dari pada iman dan takwa kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari, serta tak kalah penting yakni Tahpin Al-islam (Ahlak yang baik ) sesuai ajaran islam, ” Ujarnya.(ajat/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here